Manfaat Buah Naga Merah, Putih, Hitam dan Kuning

Kita akan membahas tentang Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih untuk kesehatan. Tuhan telah menciptakan banyak tumbuhan dan buah-buahan yang memiliki manfaat bagi tubuh kita seperti buah naga ini. Sebelum membahas manfaat buah naga merah bagi kesehatan alangkah baiknya kita mengenali terlebih dahulu apa sih buah naga itu?
Gambar Buah Naga Merah Dan Putih
Gambar Buah Naga Merah Dan Putih 
Perlu diketahui bahwa buah naga Merah berasal dari Amerika Tengah nama latinnya Hylocereus polyrhizus. Buah naga adalah buah musiman artinya tidak berbuah sepanjang tahun. Sehingga melimpah saat musim panen. Buah naga berbentuk oval dengan warna kulit merah atau merah muda dan dikelilingi sisik berwarna hijau. Daging buah berwarna merah terang dan didominasi biji-biji kecil berwarna hitam. Rasanya manis kehambar-hambaran.
Buah naga adalah buah mengandung anti oksidan tinggi. Di dalamnya mengandung berbagai zat baik bagi tubuh seperti : gula sederhana, kalsium, betakaroten, vit B1, B2, B3 , vit C , fosfor serta lycopine. Zat-zat tersebut sangat dibutuhkan tubuh. Selanjutnya mari membahas manfaat buah naga merah dan Putih untuk Kesehatan tubuh.
Gambar Buah Naga Kuning
Gambar Buah Naga Kuning
Jenis-Jenis Buah Naga
Buah naga memiliki 4 jenis:
1. Buah Naga Merah
2. Buah Naga Putih
3. Buah Naga Hitam, dan
4. Buah Naga Kuning

Apa Saja Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan?
1. Menurunkan Gula Darah serta Mencegah Diabetes
Buah naga merah terkandung gula sederhana sehingga bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes, bahkan penderita diabet dianjurkan untuk sering dalam mengkonsumsi buah naga merah. karena ada penelitian yang menunjukan bahwa mengkonsumsi buah naga merah maka kadar glukosa di darah akan turun.
2. Melancarkan Pencernaan Serta Menyehatkan Jantung
Buah naga merah terdapat serat alami yang cukup tinggi. Serat bagus untuk melancarkan pencernaan. Sangat dianjurkan mengkonsumsinya jika sering tidak lancar BAB serta terkena sembelit. Dianjurkan bagi orang yang sedang diet untuk mengkonsumsi buah naga merah. Fiber / serat berfungsi sebagai zat yang melawan serta mencegah penyakit seperti srtoke, serangan jantung dan gangguan kardiovaskular.  Betakaroten yang terkandung di dalam naga merah membuat vit A bekerja memperbaiki penglihatan.
3. Meningkatkan nafsu makan
Kandungan vitamin B1 B2 di buah naga merah bisa menambah nafsu makan. Karena vit B1 dan B2 digunakan untuk penambah nafsu makan khususnya jika dalam proses penyembuhan.
4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebalan tubuh akan kuat jika vitamin C di dalam tubuh terpenuhi. karena buah naga merah mengandung banyak vitamin C maka buah ini bisa dijadikan alternatif asupan vit C bagi tubuh. Kekebalan tubuh biasanya terganggu pada saat musim tidak menentu atau musim ekstrim yang kadang panas dan hujan. Untuk menjaga daya tahan tubuh sebaiknya makan buah naga merah.
5. Memperkuat tulang dan Gigi
Kandungan kalsium dan fosfor di buah naga sangat baik memperkuat tulang dan gigi. Sebagaimana ditahu bahwa tulang dan gigi memerlukan asupan fospor dan kalsium agar tulang dan gigi tetap sehat. jika ingin sehat tulang dan gigi rajinlah makan buah naga merah.
6. Merawat Kesehatan Kulit
Manfaat buah naga merah berikutnya: untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin C dalam buah naga merah bisa digunakan untuk perawatan kulit. Yaitu menjadikan buah ini sebagai masker. Caranya: kupas kulit buah naga lalu ambil dagingnya dan blender hingga halus.  Masukan ke dalam gelas dan ambil airnya kemudian dioleskan kewajah. Masker ini dapat menjadi cara untuk menghilangkan bekas jerawat dan jerawat.

Apa Saja Manfaat Buah Naga Putih Untuk Kesehatan?
Bbuah naga putih memiliki warna putih pada dagingnya tapi untuk yang lainya sama seperti buah naga merah bersisik dan warna hijau untuk kulit, buah naga putih di temukan di Negara Meksiko. Buah naga putih mempunyai kadar kandungan asam tinggi dan vitamin c pada buah naga putih.
Buah naga putih dan seluruh buah naga mengandung protein, karbohidrat, Fe atau zat besi, serat, Vit B1, Vit B2, betakaroten, fosfor, provitamin A, kalsium, niasin dan lain-lainnya. Berikut ini manfaat buah naga putih:
1. Menjaga fleksibilitas pembuluh darah
2. Mereduksi gula darah
3. Menurunkan kolesterol
4. Menyumbang mineral bagi tubuh
5. Memperbaiki kecerahan mata
6. Mencegah dan mengobati anemia
7. Menghambat pertumbuhan kanker
8. Menghaluskan kulit.
Gambar Buah Naga Hitam
Gambar Buah Naga Hitam
Apa Saja Khasiat dan Manfaat Buah Naga Hitam dan Kuning Untuk Kesehatan?
Berikut ini adalah 10 Khasiat dan Manfaat Buah Naga Kuning dan Hitam Bagi Kesehatan:
1. Merawat Kesehatan Mata
2. Mencegah Kanker
3. Menghambat Penuaan Dini
4. Merawat Jantung Agar tetap sehat
5. Meningkatkan Nafsu Makan
6. Merawat Kesehatan Kulit
7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
8. Memperkuat Tulang dan Gigi
9. Menurunkan Kadar Kolesterol
10. Mencegah Diabetes Melitus

Inilah khasiat serta Manfaat Buah Naga Merah, putih, hitam dan kunig bagi kesehatan, Buah naga di konsumsi masyarakat Indonesia kebanyakan yang berwarna merah dan putih, mengkonsumsi nya dengan dibuat jus tidak mengurangi kasiat serta  manfaat buah naga.

Tinggalkan Komentar: