Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan



Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan - Beberapa tahun ini banyak sekali penelitian tentang manfaat dan khasiat buah ajaib ini. Hasil penelitian tersebut membuat banyak pihak yang terkejut karena ternyata sirsak mempunyai banyak sekali manfaat. Lalu apa manfaat dari buah sirsak? Berikut ini info:
Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

1. Mengusir kolesterol jahat
Sirsak tak sekedar mengandung vitamin C tetapi mengandung serat yang baik untuk tubuh. Serat pada buah sirsak ternyata mampu menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Sehingga yang tersisa di tubuh adalah kolesterol yang baik. Jadi, yang ingin sehat tanpa kolesterol jahat minumlah jus sirsak dengan teratur. Jika tubuh dipenuhi dengan banyak kolesterol jahat akan mengundang banyak penyakit.

2. Menjaga imunitas tubuh
Pada 300 gram buah sirsak, mengandung 60 miligram vitamin C. Kandungan vitamin C di buah sirsak yang tinggi setidaknya bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin C. Selain itu vitamin C memiliki peran penting di dalam tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh, menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Untuk itu jika ingin terlihat selalu muda dan lebih segar, konsumsilah buah sirsak ini secara teratur.

3. Baik untuk tulang
Buah ini memang memiliki kandungan yang banyak dan baik untuk tubuh. Selain vitamin C, buah ini pun mengandung kalsium & fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang kita. Di setiap 100 gram buah sirsak ternyata memiliki kandungan 14 ml kalsium dan 27 miligram fosfor. Tak hanya nutrisi ini saja yang menyebabkan sirsak dapat menjaga tulang.
Sirsak ternyata mengandung zat tembaga. Zat tembaga memiliki fungsi penting karena membantu penyerapan kalsium pada tulang. Apabila kalsium terserap oleh tulang, pastilah tulang menjadi lebih kuat dan tak terserang penyakit osteoporosis.

4. Mencegah kanker
Tidak hanya nutrisi berupa vitamin yang terkandung dalam buah sirsak. Sirsak ternyata mengandung senyawa fitokimia dengan nama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitikimia ini baik juga untuk menangkal berbagai macam virus yang menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit kanker. Beberapa jenis kanker ternyata mampu dicegah dengan cara mengkonsumsi sirsak. Diantaranya penyakit kanker prostat, kanker payudara, penyakit kanker usus besar dan beberapa jenis kanker lainnya. Untuk mencegah penyakit ini kita bisa mengkonsumsi buah sirsak secara teratur. Baik mengkonsumsinya langsung, jus atau diolahan menjadi obat.

5. Menghilangkan bisul
Bisul adalah sebuah penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya tetapi sedikit memalukan. Bisul yang timbul pada kulit akan menjadikan kita kurang percaya diri. Bisul bukan hanya bisa diobati dengan salep saja. Ternyata bisul pun dapat diobati dengan obat alami seperti buah sirsak.

Cara membuat sirsak sebagai obat bisul cukup mudah. Pisahkan buah sirsak dari isinya. Lalu haluskan hingga halus / lembut seperti bubur. Setelah itu tempelkan sirsak tersebut pada kulit yang terkena bisul. Biarkan hingga adonan buah kering beberapa saat. Setelah kering, basuhlah bisul anda dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini beberapa kali hingga bisul anda menghilang.

Baca Juga:
 
6. Mengatasi migrain
Sering mengalami migrain (sakit kepala sebelah)? Jika benar, biasanya anda mengobatinya menggunakan obat dokter. Tapi obat dokter saja terkadang tidak cukup. Anda membutuhkan nutrisi alami yang terbuat dari tumbuhtumbuhan. Nutrisi alami yang dapat mengobati migrain adalah sirsak karena sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2. Vitamin B2 inilah yang mengatasi sakit migrain yang diderita.

7. Menjaga kelembaban kulit
Sirsak ternyata dapat menjaga kelembaban kulit. Ini dikarenakan buah sirsak mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan vit C inilah yang membantu untuk melembapkan kulit. Jika dikonsumsi dengan teratur, buah ini dapat menjadikan kulit lebih lembab dan bersinar. Anda dapat mengkonsumsi buas ini secara langsung atau menjadikannya sebagai masker wajah. Jika kulit anda lembab dan bersinar, pastilah akan terlihat lebih muda dan cantik?

8. Mengatasi wasir
Ambeien atau Wasir tidak hanya perlu memerlukan obat saja untuk menyembuhkannya. Anda juga perlu nutrisi alami agar mempercepat sembuh. Menggunakan buah sirsak untuk mempercepat menyembuhkan wasir yang anda derita.
Caranya membuat obat wasir dari buah sirsak:
Pertama, seduh sirsak dengan air panas.
Kedua, pisahkan antara buah dan airnya.
Ketiga, peras buah sirsak yang diseduh tadi. Ambil airnya dan minumlah. Minum ramuan wasir ini selama 2 X / hari hingga wasir sembuh.

10. Menyembuhkan dan mencegah anemia
Untuk yang sering mengalami anemia hingga membuat lemas, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah sirsak ini setiap hari. karena sirsak bisa membantu meningkatkan sel darah merah tubuh. Bila kita terjangkit anemia disarankan juga untuk meminumnya karena baik untuk mencegah penyakit anemia.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan begitu banyak, tentunya sangat disayangkan bila kita tidak mengkonsumsi buah ini.  Semoga tulisan ini bermanfaan dan sebarkan pada saudara kita bahwa buah ini bermanfaat bagi kesehatan.

Tinggalkan Komentar: