Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan - Jeruk nipis dikeal sejak lama sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untk kesehatan. Tanaman yang nama latinnya Citrus aurantifolia memiliki rasa yang asam sedikit ke pahit-pahitan.
Gambar Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Gambar Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Umumnya masyarakat Indonesia mengenal jeruk nipis sebagai bahan dapur yang berfungsi untuk penyedap masakan, minuman, penyegar, pembersih karat, bahan untuk pembuatan asam sitrat, dan bahan campuran jamu. Secara alami jeruk nipis bermanfaat untu menyembuhkan batuk, menghilangkan dahak, melancarkan kencing, keringat dan baik membantu pencernaan.
Kandungan yang ada pada jeruk nipis yaitu minyak terbang Limonene, Linalool dan flavonoid, seperti Hesperidine,Poncirin, Rhoifolin serta Naringin. Buah jeruk nipis yang telah masak mengandung N-methyltyramine, Synephrine, Fosfor, Besi, Asam sitrat, Kalsium dan Vitamin A, B1, C.
Ada  Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, simak selengkapnya berikut ini:
Meningkatkan kinerja pencernaan
Mengkonsumsi Buah jeruk nipis yang dicampurkan segelas air hangat akan memberikan dampak positif bagi proses pencernaan. Ini mengaktifkan seluruh proses di pencernaan, sehingga membantu agar tetap sehat.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamn C yang terkandung pada buah ini memberikan perlindungan terhadap penyakit. Dengan kekebalan tubuh yang baik dapat menjaga tubuh dari infeksi beragam penyakit.

Menghambat Penuaan
Vitamin C jeruk nipis bertindak untuk antioksidan alami. Sehingga tubuh mampu melawan radikal bebas berbahaya untuk tubuh yang menyebabkan kerusakan pada kulit. Jika berkeinginan awet muda, maka minumlah 1 gelas jeruk nipis hangat untuk melawan kerutan karna penuaan dini.

Menurunkan berat badan
Kami merekomendasikan agar memulai hari Anda dengan segelas air jeruk nipis yang hangat. Selain memberikan rasa kenyang, jeruk nipis menyediakan serat dan vit C yang mampu menurunkan berat badan dengan sehat.

Mengobati batuk
Satu jeruk nipis diperas, dicampur dengan 1 sndk madu dan garam secukupnya, aduk sampai rata. Minum 2 sampai 3 kali per hari. Atau perasan jeruk ditambah gula batu lalu diaduk samapi rata, minum 1 kali per hari hingga sembuh.

Menyembuhkan batuk yang disertai Influenza
Caranya: potong jeruk nipis yang sudah masak karna kandungan air yang cukup banyak, lalu peras jeruk. Seduh air perasan dengan 60cc air panas. Tambahkan 1/2 sdk teh air dari kapur sirih lalu aduk hingga rata. Minum ramuan 2 kali per hari 2 sdk makan.

Mengobati Demam atau Flu
Cara pertama:
Satu jeruk nipis diperas, tambah 3 siung bawang merah yang sudah dilumatkan dan 1 sdk makan minyak kelapa. Lalu Oleskan pada kening si penderita.
Cara kedua:
Satu jeruk nipis dipanggang lalu diperas, kemudian tambahkan 1 sdk makan madu. Setelah selesai Minum air jeruk sekaligus.

Menyembuhkan radang tenggorokan
Potong 3 jeruk nipis masak kemudian peras. Seduh air perasan dng 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sdk makan madu aduk hingga rata. Gunakan ramun untuk berkumur selama 2 hingga 3 menit (ketika air masih sedikit hanggat). Lakukan 3 kali per hari.

Demam akibat Malaria
Caranya, menyediakan 3 lembar daun jeruk nipis serta daun kendal, dan 5 lembar daun prasman. Rebus bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah air dingin, saring. Lalu Air saringan tersebut dibagi menjadi dua, minum pagi dan sore hari.

Melebatkan Rambut
peras 3 butir jeruk nipis dan Satu butir telur ayam kampung ambil kuningnya saja lalu kocok sampai rata. Gosokkan di kulit kepala, sambil pijit-pijit hingga merata, biarkan 2 jam lalu bilas menggunakan sampo merang agar rambut lebat dan mengkilap. Sampo merang dibuat dengan 1 ikat merang, dibakar menjadi arang, bukan abunya, tapi rendam di dalam air dan biarkan selama 1 malam. Saring dan sampo merang siap dipakai.

Mengobati Ambeien
10 gram akar pohon jeruk nipis, direbus dengan air 1 ltr selama + 1/2 jam, lalu disaring. Minum selagi hangat 3 kali per hari.

Menyembuhkan Amandel
3 Kulit jeruk nipis dicuci dan dipotong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai air tersisa 3/4, kemudian saring. Air dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan 3 samapi 4 kali per hari.

Menobati Batu Ginjal
Cara: 2 butir perasan dari jeruk nipis dicampur 2 gelas air hangat, minum sahabis makan malam. Lakukan setiap hari selama + 10 hari.

Anyang-anyangan
Cara: 2 jeruk nipis dicuci, peras diberi gula batu dan 1 gelas air hangat. Aduk minum selagi hangat sekaligus sehari sekali.

Vertigo
½ genggam daun jeruk nipis di lumat. Tambahkan 1 sdk air jeruk nipis. Gosokkan ke pelipis, tengkuk dan dahi. Pakai 2 kali  per hari.

Baik bagi Ibu sehabis melahirkan
Satu sdk makan kapur sirih tambah 2 sdk minyak kayu putih dan perasan 2 buah jeruk nipis, aduk merata, balurkan di perut. Lakukan selama 3 bulan setiap hari setelah mandi, agar perut tidak keriput, selalu halus.

Mengatasi Ha-id yg tidak teratur
3 sdk air jeruk nipis, 1 sdk madu dan 2 gelas air panas aduk sampai rata. Minum ketika hangat. Lakukan 3 kali per hari.

Menghilangkan lendir pada tenggorokan
2 jeruk nipis, diperas. Tambahkan garam, lalu aduk rata. Ramuan ini diminum pada saat perut masih kosong.

Mengatasi bau badan (BB)
Cara Pertama: Beberapa helai (+10) daun muda dari jeruk nipis ditumbuk halus, pulung kecil-kecil hingga seperti pil, makan 3 kali per hari.
Cara Kedua: Potong jeruk nipis yang besar menjadi 2, oles dengan tipis bagian irisan jeruk dengan kapur. Lalu Oleskan keketiak sesudah mandi. Biarkan + 5 menit (jangan terlalu lama karna ketiak akan terasa panas) kemudian bilas, lalukan di pagi dan sore hari .

Mengobati Difteri
Dua jeruk nipis diambil airnya. Seduh dgn 1 gelas air panas dan 1 sendok madu. Gunakan berkumur selama 2 menit ketika masih hangat, lalu minum. Lakukan 3 kali per hari.

Mengilangkan jerawat
Satu buah jeruk nipis diiris lalu gosok pada kulit wajah.

Mencegah ketombe dan Rambut Rontok
2 buah jeruk nipis dipotong menjadi 3 bagian, oles di kulit kepala hingga rata. Bungkus kepala menggunakan handuk semalaman, lalu keramas esok harinya. Lakukan 3 kali per minggu.

Menghentikan Kebiasaan Merokok
Iris-iris 1 jeruk nipis, isap irisan lalu minum air putih. Lakukan berapa kali per hari.

Mengobati panu dan kurap
Cuci satu genggam akar landep, lalu tumbuk halus. Tambah air perasan satu buah jeruk nipis aduk rata. Balurkan di kulit yang terkena panu dan kurap, lalu balut dengan perban. Ganti balutan 2 kali per hari sampai panu dan kurap hilang.

Menyembuhkan sakit gigi
Campurkan 1 sndk perasan air jeruk nipis dengan 1 sndk gilingan akar kecubung hitam juga 1 sndk gilingan legetan warak. Tambahkan 3/4 cangkir air garam, lalu aduk rata. Selanjutnya peras ramuan dan saring. Lalu Gunakan air saringan untuk berkumur beberapa menit. Lakukan 4 hingga 6 kali per hari.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Sediakan 20 bunga dan 30 lembar dari jeruk nipis. Cuci bersih, lalu tambah air perasan dari 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan tersebut dalam 3 gelas air sampai tersisa 2.25 gelas. Setelah dingin lalu disaring. Air saringan diminum 3 kali per hari 3/4 gelas. Tambah sedikit madu. Minum ramuan setiap hari.

Penambah Stamina
Campur satu butir kuning telur ayam kampung dengan perasan 1 buah jeruk nipis dan gula merah. Aduk rata, kemudian minum. Lakukan 1 kali per minggu.

Melangsingkan Badan
Air perasan 1 buah jeruk nipis ke cangkir air teh hijau. Ramuan ini diminum setiap pagi dan sore setiap hari.

Semoga tulisan kami tentang Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan berguna dan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita.

Tinggalkan Komentar: