Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil - Buah naga atau yang dikenal dengan nama Dragon Fruit adalah buah istimewa yang berasal dari kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan dan ada juga yang mengatakan dari mexsiko.
Gambar Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil
Gambar Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil
Di Asia, buah naga telah lama dikenal masyarakat Tionghoa sebagai buah persembahan di acara-acara keagamaan. Warna kulit buah ini memang cerah dan menarik sehingga cocok untuk menyemarakkan suasana. Buah naga pun dikenal karena rasanya enak, segar juga nikmat.
Tak hanya itu, buah yang di dalam bahasa Vietnam dikenal Thanh Long, juga menyimpan sejuta manfaat dan khasiat terutama bagi ibu hamil. Berdasarkan hasil penelitian, buah naga mengandung beragam senyawa aktif yang sangat baik jika dikonsumsi. Berikut manfaat buah naga bagi ibu hamil.
Tak banyak orang yang tahu bahwa buah eksotis ini punya banyak manfaat untuk kehamilan. Apa manfaat buah naga ini?
1. Kandungan utama dari buah naga adalah vitamin C, karoten, asam folat, dan serat yang seluruhnya sangat dibutuhkan wanita hamil. 
2. Buah naga pun mengandung karbohidrat yang bisa menambah energi untuk calon ibu yang biasanya mudah capek dan lelah.
3. Kandungan kalsium yang ada di dalam bauh ini juga penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil serta calon bayi.
4. zat besi, Protein dan potassium membantu tubuh meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
5. Seperti buah-buahan lainnya, buah naga memiliki kandungan fitokimia, sejenis antioksidan untuk melawan penyakit.
6. Vitamin B1 di dalam buah naga membantu pertumbuhan janin, membantu penyerapan protein, melancarkan pencernaan dan mengubah karbohidrat menjadi energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kekurangan vitamin ini bisa membuat calon ibu mudah lelah serta mengalami konstipasi. 

Ini khasiat yang dibutuhkan seorang ibu hamil karna kebanyakan ibu hamil mengalami anemia atau kekurangan darah dengan mengkonsumsi buha naga secara rutin bermanfaat:
Membantu Pembentukan Darah Merah
Di setiap 100 gr buah naga segar terdapat 0,55 Fe atau Zat Besi. Karna itu, buah ini baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Seperti yang kita diketahui, Seorang wanita yang mengandung sangat rentan terkena anemia. Dengan rutin mengkonsumsi dan memakan buah naga, penyakit tersebut dapat ditanggulangi.
Buah naga pun mengandung senyawa karbohidrat Folates, yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Folates berperan dalam pembentukan sel darah merah. wanita hamil kekurangan karbohidrat folates, maka kemungkinan besar bayi yang dikandung akan mengalami mudah terserang penyakit.

Kandungan buah naga tidak hanya Zat Besi serta karbohidrat folates saja. Masih terdapat banyak senyawa lain yang dapat didapatkan dari buah ini, antara lain serat, protein, potasium, Vitamin C, fitokimia, karnohidrat dan banyak yang lainnya. Maka, manfaat buah naga bagi ibu hamil sebagai penyumbang nutrisi yang kompleks baik bagi ibu dan janinnya. Istimewanya, buah naga ternyata mengandung Vitamin B1 yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, dalam penyerapan protein dan pembakaran karbohidrat lalu merubahnya menjadi energi.

Tinggalkan Komentar: