Khasiat dan Manfaat Jambu Biji Merah

Khasiat dan Manfaat Jambu Biji Merah
Manfaat jus jambu biji Merah yang lain adalah sebagai antiinflamasi / anti peradangan. Kandungan lutein serta cryptoxanthin pada jambu ini mampu mencegah terjadi radang pada pencernaan, gusi dan saluran-saluran pencernaan lain, sehingga pendarahan yang sering menyertai radang dapat dihindari. Perbanyak konsumsi sayur serta buah agar kondisi kesehatan tubuh selalu terjaga.
Gambar Jus Jambu Biji Merah
Gambar Jus Jambu Biji Merah
Buah Jambu di masyarakat kita umumnya sangat digemari apa lagi yang berdaging tebal dan lunak, rasa yang manis, disertai biji yang sedikit dan buahnya mempunyai ukuran yang besar. Beberapa ada macam-macam jenis jambu biji yang menjadi unggulan antaranya jambu bangkok, jambu Pasar Minggu,  jambu sukun, jambu Palembang, jambu sari, jambu apel, jambu merah getas, Manfaat jus jambu biji merah (jambu merah) dan jambu bangkok.
Baca Juga:
Kandungan dan Manfaat jus jambu biji Merah:
1. Likopen berguna untuk kecantikan dan mencerahkan warna kulit, kandungan likopen dalam jambu merah bermanfaat meningkatkan sistem immun dalam tubuh terhadap serangan-serangan penyakit. Likopen adalah jenis senyawa fitokimia / fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan dan berguna menangkal efek negatif radikal bebas disebabkan oksidasi makanan / minuman yang berasal oksigen singlet dan oksidator-oksidator lain.
2. Trombosit. Buah Jambu merah dipercaya meningkatkan kadar trombosit darah karena terkandung mineral tembaga yang besar, sehingga digunakan untuk pengobatan demam berdarah.
3. Serat. manfaat berikutnya dari jus jambu merah lainnya adalah kaya akan sumber serat. Serat yangterkandung mampu memperlancar pencernaan dan melindungi membran mukosa pada usus dari inflamasi / peradangan. Serat pektin terkandung dalam jambu merah bermanfaat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. 
4. Vitamin C. Kandungannya pada jambu merah relatif tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Vit C merupakan jenis antioksidan yang berguna meningkatkan sistem immun didalam tubuh. Vitamin C pun berguna melenturkan jaringan kulit sekaligus mencerahkan eajah dan kulit yang baik untuk kecantikan, sehingga kulit senantiasa elastis serta bercahaya sepanjang hari.
5. Nutrisi syaraf dan otak. Kandungan Vitamin B6 dan B3 dalam jambu merah atau pyridoxine dan niasin adalah senyawa yang bermanfaat menutrisi jaringan syaraf dan otak.  
6. Desinfektan. Jambu biji mengandung astringent yang mempunyai sifat alkali dan bermanfaat untuk desinfektan serta anti bakteri, sehingga bisa penyembuhan diare / disentri yang dikarnakan mikroba / bakteri.

Jambu biji mengandung banyak sekali vitamin C yang memiliki fungsi untuk antioksidan. Selain itu, jambu mengandung serat, Kalsium, Fosfor, Besi, vitamin B, A, Dan Pektin. Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Pencernaan lancar akan membuang kotoran yang tidak di serap oleh usus sehingga tidak ada deposit kotoran yang berakibat keadaan menjadi tidak sehat.

Manfaat Jus Jambu biji Merah mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi  sangat baik dalam memperlancar pencernaan. Dan manfaat pektin di jambu biji untuk menurunkan kolesterol dan asam empedu di usus, membantu membuangnya/ mengeluarkannya. Jus jambu biji menurunkan rasa panas, menghilangkan sembelit dan rasa haus. Meminum jus jambu segelas pada malam secara teratur membuat tubuh menjadi segar karna pencernaan sehat.

Tinggalkan Komentar: