33 Manfaat Tanaman Kunyit/ Kunir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah-Buahan - 30 Manfaat Tanaman Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Khasiat Kunyit bagi manusia telah sangat Sering didengar terutama untuk keperluan dapur / bumbu untuk masakan, tetapi banyak  yang belum mengetahui  Manfaat kunyit ini bagi kesehatan tubuh manusia, nah karenanya dikesempatan ini, kami dari blog Manfaat Buah-Buahan mencoba untuk membagikan tulisan megenai Manfaat & Khasiat Tanaman Kunyit bagi kesehatan tubuh manusia.

30 Manfaat Tanaman Kunyit Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi Kunyit

Kunyit mempunyai Nama latinnya Curcumae Domesticae Rhizoma, terkadang dimasyarakat kunyit disebut  dengan nama Kunir, merupakan tanaman rempah & obat asli dari Asia Tenggara. Tanaman ini mengalami penyebaran kedaerah Malaysia, Indonesia, Australia dan Afrika. Hampir seluruh orang Indonesia, India dan bangsa Asia umum nya pernah mengonsumsi tanaman rempah, baik sebagai pelengkap bumbu untuk masakan, jamu atau menjaga kesehatan dan kecantikan. Pada bahasa Banjar kunyit / kunir ini bernama Janar..

Nah untuk mengetahu Apa manfaat Kunyit, langsung saja simak dibawah ini, khasiat dari tanaman kunyit.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

1. Mencegah Alzheimer
Orang yang mengalami penyakit Alzheimer  bermasalah dgn ingatan, penilaian, & berpikir. beberapa penelitian menunjukan  kunyit mengandung zat anti-inflamasi & antioksidan, sehingga dgn mengkonsumsi kunyit maka mendapatkan manfaat kunyit untuk mencegah penyakit Alzheimer.

2. Mengobati Tifus
Kunyit bisa digunakan untuk mengobati penyakit tifus. untuk membuat obat tifus dari kunyit ini lah yang harus dilakukan.
Bahan : 2 rimpang dari kunyit, 1 bonggol sere, dan 1 lembar daun sambiloto.
caranya : Tumbuk seluruhnya bahan tersebut hingga halus & dipipih, lalu tambahkan 1 gelas air masak yg masih hangat & disaring, lalu minumlah ramuan tersebut, kemudian lakukan rutin selama 1 minggu.

3. Mencegah Kanker
Kunyit memiliki kandungan kurkumin dimana zat ini adalah antioksidan yang bisa mencegah kerusakan & mutasi sel yg disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu kandungan dari kurkumin juga mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan penyakit kanker terutama pada kanker payudara, usus, perut, paru-paru dan kanker kulit.

4. Mengurangi Resiko Diabetes
Manfaat kunyit yang di dapat dari kandungan kurkumin didalamnya bisa mengurangi resistansi insulin. Karena hal tersebut maka kandungan dari kadar glukosa darah bisa dikendalikan sehingga resiko  terserang diabetes tipe 2  akan berkurang.

5. Menyembuhkan Luka
Khasiat kunyit bisa digunakan untuk meyembuhkan luka Anda, karena kunyit mengandung bahan antiseptik & bahan anti-bakteri. dengan kandungan itu kunyit sangat lah baik digunakan untuk disinfektan pada  luka biasa dan luka bakar.

6. Mencegah Anemia
Anemia yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Dapat menggunakan kunyit untuk mencegah penyakit anemia, karena kunyit banyak mengandung zat besi. Kandungan zat besi ini adalah komponen penting di dalam pembentukan sel darah merah samapai dengan mengkonsumsi kunyit anda bisa mencegah anemia.

7. Melancarkan Pencernaan
Dengan ada nya kandungan kurkumin di dalam kunyit juga bisa membantu proses pencernaan dan mengurangi gejala kembung. Namun orang yg memiliki penyakit kandung empedu sebaik nya tidak menggunakan kunyit sebagai suplemen karena bisa memperburuk kondisi.

8. Mencegah & Mengobati Panas Dalam
Khasiat kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati & mencegah panas dalam.
Caranya : Ambillah 1 biji kunyit yg agak besar, kemudian bersihkan kunyit sampai tak tersisa lagi bekas tanah yg menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit hingga mempunyai bagian-bagian yg kecil. Sisihkan. Ambil gula merah serta potong secukupnya, campurkan lah keduanya bersamaan dengan  air panas. Aduk & sampai terlihat mengental, kemudian parutan kunyit tadi disaring, dan minum ketika masih hangat.

9. Mencegah Keputihan
Manfaat kunyit sangat ampuh mencegah keputihan.
Caranya : Ambil 2 ruas kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang asam dan sepotong gula aren. Bersihkan lah dulu semua bahan, kemudian bahan direbus secara bersamaan hingga air mendidih, jika telah mendidih, saring bahan & minumlah secara rutin, 1 gelas / hari.

10. Mengatasi Gatal & Penyakit Kulit
Khasiat kucnyit bisa digunakan untuk mengatasi gatal & penyakit kulit.
Caranya : Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lah kemudian parut kunyit. Ambil biji cengkeh kemudian ditumbuk, parutan kunyit tadi campurkan dgn tumbukan biji cengkeh & bunga melati. Remas-remas, kemudian balurkan pada tubuh yg gatal. Untuk mencegah luka, Anda cukup campurkan parutan kunyit & asam kawak, balurkan hingga luka mongering & tidak terasa sakit lagi.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kunyit


  1. Kunyit memiliki sifat antiseptic & antibakteri, Dengan kedua sifat ini, kunyit bisa berperan sebagai desinfektan untuk luka biasa atau luka bakar.
  2. Kombinasi kunyit & kembang kol dipercaya bisa mencegah & berkembangnya kanker prostate.
  3. Uji coba klinis, penyuntikkan ekstrak kunyit ke dalam tikus yg sudah dimasukkan sel-sel kanker payudara. Menunjukkanlah bahwa ekstrak tersebut bisa menghentikkan penyebaran sel-sel kanker pada tikus.
  4. Kunyit bisa melindungi kulit dari serangan kanker kulit & menyebabkan sel melanoma mati dengan sendiri nya.
  5. Bisa mengurangi resiko leukemia.
  6. Sebagai detoksifikasi mengeluarkan racun secara alami di dlm hati.
  7. Bisa mencegah &  memperlambat perkembangan penyakit Alxheimer dgn cara mengurangi penumpukkan plak diotak amyloyd
  8. Bisa mencegah metastasis dari terjadi-nya berbagai bentuk kanker
  9. Berkhasiat sebagai obat anti-inflamasi tanpa efek samping
  10. Memperlambat pada perkembangan multiple sclerosis
  11. Bisa menghilangkan rasa sakit dengan alami
  12. Bisa membantu di dalam metabolisme lemak & membantu di dalam manajemen berat badan.
  13. Digunakan oleh sebagaian  tabib cina sebagai obat depresi
  14. Dapat di manfaat kan sebagai pengobatan alami bagi arthritis & rheumatoid arthritis.
  15. Digunakan untuk obat untuk mengurangi efek dari pengobatan penyakit kemotrapi
  16. Sebagian peneliti yakin bahwa kunyit digunakan sebagai obat kanker pancreas
  17. Studi yang berlangsung dalam efek positif dari kunyit / kunir pada multiple myeloma.
  18. Hasil penelitian menyebutkan kunyit bisa menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru pada penyakit tumor.
  19. Bisa membantu mempercepat penyembuhan luka serta  membantu dalam remodeling kulit rusak.
  20. bisa  digunakan dalam pengobatan psoriasis serta  kondisi kulit inflamasi lain nya.


Manfaat Kunyit bagi Kecantikan :
  1. Bisa mencegah keputihan.
  2. Memperlancar & mengurangi rasa nyeri saat haid.
  3. Menghaluskan kulit
Cukup banyak khasiat dan manfaat kunyit ini bukan, jika kamu masih ada yang di inginkan untuk  di tanyakan, Andmin mempersilahkan untuk menanyakan diKotak komentar dibagian bawah yang telah Admin sediakan, serta jangan lupa baca artikel kami sebelum-nya yakni Manfaat Buah-Buhan, terima kasih. telah membaca:
33 Manfaat Tanaman Kunyit/ Kunir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tinggalkan Komentar: