Ratusan Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan


Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan - banyak sekali manfaat, kegunaan dan khasiat yang terdapat di dalam jagung ini, tetapi banyak orang yang menyepelekan atau tidak menghiraukan khasiat dari jagung untuk tubuh kita, karna jagung indentik dengan makanan kalangan bawah karna jagung adalah makanan pokok masyarakat kita ketida di jajah oleh bangsa belanda dan jepang tempo dulu.
Di Indonesia, jagung manis dijadikan  bahan untuk membuat sup atau sayur asem. Rasanya manis dan renyah. Ada yang menjadikannya sebagai puding dan olahan lainnya.Selain manis, jagung manis ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Simak ulasannya dalam manfaat jagung manis untuk kesehatan yang dilansir dari laman See Look Book berikut ini:
Manfaat Jagung Manis Bagi Kesehatan

A. Melancarkan pencernaan
Jagung mengandung serat alami yang  baik untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi jagung dalam porsi yang wajar dapat membantu mencegah konstipasi, sekaligus menurunkan resiko kanker usus.

B. Mencegah anemia
Jagung manis terdapat kandungan zat besi, asam folat dan juga vitamin B yang membantu mencegah anemia.

C. Kesehatan kulit
Jagung manis kaya  antioksidan yang mampu menjaga kulit dari polusi dan radikal bebas.

D. Kesehatan paru-paru
Di dalam jagung manis terdapat senyawa cryptoxanthin yang dapat diubah menjadi vitamin A. Berdasarkan sebuah penelitian, ada keterkaitan antara kandungan beta cryptoxanthin dgn perkembangan kanker paru.

E. Mengatasi kolesterol
Kandungan Vit C, karotenoid dan bioflavanoid yang terdapat pada jagung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Hal ini berarti dapat membantu agar jantung Anda tetap sehat dan dapat mencegah penyakit kardiovaskular lainnya.

F. Daya Ingat
Di jagung manis terdapat thiamine yang menopang kondisi sel-sel otak dan fungsi kognitif supaya lebih maksimal.

G. Kesehatan mata
Di jagung terdapat zat zeaxanthin, dimana senyawa tersebut yang membuat biji jagung menjadi kuning cerah. Berdasarkan dari penelitian, zeaxanthin terbukti bisa mencegah mata dari penyakit, seperti degradasi makula.

Nah, itulah beberapa manfaat dan khasiat dari jagung manis. Jadi, jika anda sedang jalan-jalan malam minggu dengan pacar, jangan gengsi mengajaknya untuk makan jagung bakar atau jagung rebus, karena manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan.

Manfaat Jagung Biasa Untuk Kesehatan

1. Melawan Kangker
Jagung kaya asam fenolik-senyawa ferulic- agen anti kanker yang telah terbukti efektif memerangi tumor di kanker payudara dan kanker hati.

2. Sebagai Sumber Asam Linoleat
Asam linoleat merupakan asam lemak esensial yang bersifat tidak jenuh dan sangat baik untuk kesehatan. Asam linoleat yg diperlukan untuk asupan dan transportasi vitamin D.

3. Mencegah Anemia Dan Sebagai Kekebalan Tubuh
Vitamin B12 pada jagung serta mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Selain itu kandungan B2-nya yang berfungsi mempertahankan keseimbangan sel tubuh.

4. Sumber Kalium
Kalium berperan penting sebagai elektrolit membantu mengatur tingkat cairan dan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan tepat. Kalium bersifat diuretik yang melancarkan pembuangan air seni, sehingga bisa mengatasi infeksi saluran kemih, menurunkan kadar dari asam urat dan mencegah batu ginjal.

5. Sumber Vitamin C
Konsumsi minyak kulit jagung bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang dikandung dalam jagung manis menjaga jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol serta meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Sumber Asam Pentotenat (vitamin B5)
Vitamin B5 memiliki peranan dalam proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak untuk  menjadikannya energi.

7. Sumber Asam Folat
Ibu hamil butuh  asam folat. Karena jika kekurangan asam folat, bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Asam folat untuk mencegah bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir. Selain itu konsumsi jagung pada seorang ibu hamil juga dapat memperlancar ASI.

8. Sumber Beta-Karoten,
Beta-Karoten diperlukan agar membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk kesehatan mata serta kulit. 

9. Sumber Serat
Jagung merupakan  sumber serat yang sangat baik sehingga sehat untuk sistem pencernaan. Dalam satu gelas jagung mengandung 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kandungan yang kaya serat, makan jagung dapat mencegah sembelit, wasir dan risiko kanker usus besar. serta serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk bagi yang ingin menurunkan berat badan.

10. Sumber Mineral
Mineral penting yang ada di jagung terutama fosfor yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Juga, sumber magnesium, besi, mangan, seng dan tembaga. Magnesium membantu menjaga kesehatan pada jantung.
Sumber kalori yang tertinggi dalam kelompok sereal yang rendah gula dan kadar Indeks Glikemiknya. Sehingga baik  dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi atau beras., terutama pada penderita diabetes serta hipertensi.

11. Anti-Aterogenik
Minyak jagung  menunjukkan sifat anti-aterogenik yang berefek pada kadar kolesterol, sehingga mencegah risiko dari penyakit kardiovaskular.

12. Sumber Protein
Dalam 100 grm jagung mengandung 9,2gram protein. Protein membantu membentuk jaringan otot baru dan meningkatkan kerja sel didalam tubuh. Selain itu protein juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan pelepasan insulin.

13. Sumber Pigmen Fenolik Flavonoid
Pigmen ini tampak di warnanya yang kuning. Konsumsi makanan alami yang kaya flavonoid akan membantu dalam mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Mungkin sampai disini dulu perbincangan kita mengenai Manfaat Jagung Manis semoga kita dapat mengagungkan lagi menu makanan ini karna kita telah mengetahui khasiat dan manfaatnya, serta masih banyak hal-hal yang terkandung didalam nya yang belum bisa diketahui oleh para peneliti.

Tinggalkan Komentar: