Manfaat Semangka Kuning Bagi Kesehatan

Manfaat Semangka Kuning - Pernah mencoba buah semangka dengan daging yang berwarna merah? Hampir semua akan menjawab iya, jika di tanya pertanyaan seperti itu. Memang di Indonesia, buah semangka merah mendominasi di pasar. Dan wajar jika daya jualnya tinggi. Meski demikian, kita harus memperkenalkan varietas lain dari buah semangka.
Kita sering mengenalnya dengan nama buah semangka kuning, karena daging buahnya kuning cerah. Istimewanya, manfaat semangka kuning ini juga sangat beragam. Ini tentunya akan menjadi nilai tersendiri bagi mereka yang suka mengkonsumsi buah yang satu ini. Apa manfaat buah ini?
Kembali Kehalaman Utama: Manfaat Buah Semangka
Manfaat Semangka Kuning Bagi Kesehatan
Ilustrasi buah semangka kuning

Manfaat Semangka Kuning Bagi Kesehatan

1. Berdasarkan kajian yang dilakukan seorang ilmuan Texas Amerika Serikat, diketahui bahwa dalam buah semangka kuning ada senyawa yang dikenal “citrulline”. Zat ini mampu meningkatkan suatu senyawa kimia di dalam tubuh yang membantu pembuluh darah lebih rileks dan fleksibel. Citrulline ini sering juga disamakan dengan Viagra.
2. Semangka kuning untuk menyehatkan jantung dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Mengapa? Karena semangka kuning memiliki asam amino yang baik bagi daya tahan tubuh Anda.
3. Manfaat  semangka kuning lainnya adalah menyehatkan ginjal sebab bersifat diuretic yang membantu anda untuk buang air kecil.
4. Buah semangka kuning mengandung senyawa likopen yang sebagai anti-oksidan yang baik. Likopen ini melindungi tubuh kita dari radikal bebas sehingga terlindungi dari serangan penyakit semacam kanker.
5. Mengkonsumsi semangka kuning secara rutin, akan terhindar dari tekanan darah tinggi. Hal ini berkaitan dengan kandungan kalium dalam buah semangka yang melimpah.
6. Manfaat semangka kuning juga untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa haus dan dahaga. Kadar air di semangka sangat tinggi sehingga ideal dikonsumsi ketika sedang haus.
7. Kombinasi vitamin kompleks yang tersembunyi di semangka bisa membantu tubuh selalu segar bugas apabila Anda konsumsi secara teratur.
8. Semangka kuning memiliki kandungan serat alami yang baik untuk pencernaan. Mengkonsumsi buah semangka teratur setiap hari, bisa terhindar dari penyakit sembelit.
9. Memakan semangka kuning pun baik bagi untuk program diet. Semangka mengandung kadar gula sederhana dalam kadar terbatas. Juga serat dan airnya membantu kita kenyang lebih lama.
10 Manfaat semangka kuning untuk menyembuhkan demam dan sariawan. Hal ini dibuktikan sejak dahulu oleh nenek moyang.

Kandungan Nutrisi Semangka

Untuk setiap 152 grm semangka memiliki kandungan 45.6 calories
Nutrien
% Daily Value
Food Rating
Vitamin C
20.5
Excellent
Vitamin A
17.3
Very Good
Kalium
4.9
Good
Magnesiuim
3.8
Good

Tips Memilih Buah Semangka

Saat Anda memilih semangka yang utuh:
1. pilihlah buah semangka yang padat,
2. memiliki bobot yang berat,
3. Ketika diketuk tidak nyaring: Menandakan buah semangka telah matang.
Memilih buah semangka yang telah dipotongan:
1. pilihlah yang berwarna merah terang atau kuning cerah
2. Pilih buah yang tidak lembek.

Tips Menyimpan Buah Semangka

Semangka yang sudah anda belah harus disimpan di dalam lemari pendingin (Lemari ES) agar tidak cepat menjadi lembek dan membusuk. Jika semangka utuh tidak perlu Anda simpan di dalam lemari pendingin.

Tips Mengelolah Semangka

Semangka dapat dikonsumsi sebagai buah segar atau sajian untk campuran minyman seperti jus semangka atau sup buah semangka.

Inilah 10 Manfaat Semangka Kuning yang bisa Admin sajikan untuk anda semoga bermanfaat tetap hidup sehat dengan alam, buah ini juga baik untuk ibu hamil dan semangka untuk pria. Jaga selalu kesehatan alam maka alam akan menyayangi kita. ^_^

Tinggalkan Komentar: