14 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

14 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan TubuhSemangka adalah jenis buah yang berair sebagian besar jenis daging buah berwarna merah dan ada juga yang berwarna kuning. Buah ini cocok di konsumsi ketika udara terasa sangat panas / di siang hari yang terik. Dikarenakan, hampir 90 % kandungan semangka terdiri dari air. 

Buah ini mudah dilihat di pasar tradisional atau pasar modern. Sebagian besar dari orang indonesia tentu menyukai buah berair ini. Namun, di samping untuk menghilangkan dahaga, banyak manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh kita, Manfaat Buah Semangka Merah dan Manfaat Buah Semangka Kuning hampir sama saja. Lalu, apa saja manfaat menakjubkan buah semangka bagi kesehatan tubuh.
Kembali Kehalaman Utama: Buah Semangka
14 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh
14 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh
1. Mencegah Penyakit Diabetes
Seperti yang diketahui semangka adalah buah yang kaya akan air. Hal tersebut bisa di manfaatkan bagi penderita diabetes karena dengan semangka dapat memberi rasa yang kenyang di tambah semangka termasuk makanan yang rendah gula, dan kalori.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Dapat Mencegah penyakit kanker di tubuh, maka di haruskan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yang memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan rusak. Di antara zat yang bisa memperbaiki jaringan tubuh yang telah rusak adalah zat lypocene yang dapat di temukan di dalam buah semangka.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal
Umumnya kesehatan ginjal bisa terganggu akibat kotoran atau racun yang ada pada ginjal. Untuk mengatasi dapat di lakukan dengan mengkonsumsi semangka karena semangka mengandung Kalsium (Ca) yang membersihkan ginjal.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat lain yang didapatkan dari semangka adalah menurunkan tekanan darah karna memiliki kandungan Kalium (K), serta Magnesium (Mg).

5. Menyehatkan Jantung
Menurut penelitian semangka salah satu buah penghasil likopen yang banyak. Likopen mampu melindungi tubuh kita dari kolesterol jahat dan mencegah kerusakan pada sel tubuh yang di sebabkan radikal bebas.

6. Menghindari Dehidrasi / Kekurangan Cairan
Dehidrasi di sebabkan kandungan air yang kurang di dalam tubuh. Sedangkan semangka adalah buah yang kaya kandungan air, sehingga menghindari tubuh kita dari dehidrasi.

7. Melindungi kulit dari sinar Ultraviolet
Sebagian besar komposisi semangka adalah air sera serat, serta likopen maka buah ini baik dalam menjaga kelembapan kulit Anda. Semangka juga melindungi kulit tubuh dari serangan sinar UV. Kandungan likopen membantu kulit yang mengurangi penyerapan sinar UV dari matahari hingga 40%.

8. Atas cacing perut pada sistem pencernaan
Biji buah semangka ternyata bermanfaat juga. Biji semangka ini bisa dihancurkan lalu dikeringkan. Hasilnya bisa kita dijadikan sebagai teh. Teh dari biji semangka ini bisa membantu mengurangi bahkan membunuh cacing pita yang ada pada sistem pencernaan.

9. Membuat kulit sehat berseri
Semangka kaya vitamin C dan vit A yang menjadi nutrisi bagi kulit. Memakan 2-3 potong semangka setiap hari akan memberikan manfaat bagi kulit. Asam amino yang ada di dalamnya dapat mengobati luka di kulit dengan cepat.

10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Mata
Buah Semangka ini mengandung betakaroten yang di ubah di dalam tubuh menjadi vitamin A. Vit A adalah vitamin yang menyehatkan organ penglihatan / Mata Anda.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Semangka sebagai sumber vitamin C. Vitamin C berfungsi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh / sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah sakit ketika cuaca kurang baik, kuerang bersahabat bahkan di sangat ekstrem.

12. Perlindungan Dari Radikal Bebas.
Berbagai macam asap pabrik, asap kendaraan bermotor dan udara yang kotor terhirup bisa memicu masuknya radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh. Semangka memiliki kandungan senyawa karotenoid yang menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

13. Memperkuat Tulang Tubuh.
Semangka juga mampu menguatkan tulang karena buah ini yang kaya kandungan kalium. Kalium berfungsi untuk mempertahankan kalsium di dalam tubuh. Sehingga tulang serta sendi lebih sehat dan kuat.

14. Mengurangi Lemak Pada Tubuh.
Semangka adalah jenis buah yang kaya kandungan citruline yang berperan mengurangi lemak yang berlebih di dalam tubuh.


Demikianlah tips kesehatan tentang 14 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Hidup lah Dengan Cara Rasulullah Hidup.

Tinggalkan Komentar: