Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Apel

Gambar Buah Apel
Gambar Buah Apel
Kandungan Nutrisi dan Gizi - Buah Apel adalah buah yang tak asing lagi bagi masayarakat Indonesia. Buah ini bahkan bisa kita jumpai hampir di setiap wilayah di negara ini. Disamping rasanya yang enak dan lezat ternyata buah apel menyimpan kandungan gizi dan Nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Apel Adalah buah yang sangat populer baik di dunia dan Indonesia. Hal ini dikarenakan rasa buah yang manis dan kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan. Buah apel dapat dikonsumsi langsung. Walaupun ada yang menjadikannya sebagai Minuman jus, sebagai bahan untuk membuat salad dan manisan.
Agar mendapatkan seluruh khasiat buah apel, sebaiknya memakan apel dengan kulitnya dan Jangan lupa untuk mencucinya dengan air yang mengalir sampai bersih untuk menghilangkan pestisida yang ada pada buah.
Baca Juga:
Kandungan Gizi Buah Pepaya, Daun Pepaya dan Akar Pepaya
Kandungan Gizi Buah Apel
Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Apel
Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Apel
Sebagai buah sehat, apel banyak kandungan gizi, tetapi yang paling dominan adalah vitamin yang terkandung olehnya. Ada banyak vitamin terdapat di buah apel, diantaranya adalah vitamin A, B1, vit B2, vit B3, B5, Vit B6, B9 dan vitamin C.
Sedangkan kandungan mineral di dalam buah apel antara lain magnesium, kalsium, zat besi, Zinc dan potasium. Serat juga dimiliki buah apel sehingga sangat baik untuk orang yang diet. Serat dapat mencegah lapar yang datang dengan cepat. Dan Serat berguna mengikat lemak serta kolesterol jahat di tubuh yang selanjutnya dibuang.
Buah apel mengandung fitokimia. Fitokimia adalah antioksidan melawan radikal bebas. Zat ini berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa menyebabkan pembuluh darah.
Selain itu buah apel juga memiliki kandungan lain seperti Tanin yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, Baron yang berfungsi mempertahankan jumlah hormon estrogen dalam tubuh seorang wanita, Flavoid yang berfungsi menurunkan risiko kanker, Asam D-glucaric yang dapat menurunkan kadar kolesterol, Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan dan membunuh bakteri jahat yang ada dalam saluran pencernaan tersumbat.

Kandungan Nutrisi Buah Apel per 100 g (3.5 oz)
Kandungan Nutrisi
Jumlah Nutrisi per 100 g
Energi
218 kJ (52 kcal)
Karbohidrat
13,81 g
Gula
10,39 g
Diet serat
2,4 g
Lemak
0,17 g
Protein
0,26 g
Air
85,56 g
Vitamin A equiv
3 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1)
0.017 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2)
0,026 mg (2%)
Niacin (Vit. B3)
0,091 mg (1%)
Asam pantotenat (B5)
0,061 mg (1%)
Vitamin B6
0,041 mg (3%)
Folat (B9 Vit.)
3 mg (1%)
Vitamin C
4.6 mg (8%)
Kalsium
6 mg (1%)
Zat Besi
0,12 mg (1%)
Magnesium
5 mg (1%)
Fosfor
11 mg (2%)
Kalium
107 mg (2%)
Seng
0,04 mg (0%)
Sumber: USDA Nutrient database.

Tinggalkan Komentar: