Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan – pada kesempatan ini kita akan membahas garis besar yang sering ditanyakan orang-orang tentang buah yang paling sering di jumpai baik di pasar tradisional maupun pasar modern karna buah ini di konsumsi oleh setiap kalangan dan level masyarakat.

Baca Juga:


Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan
Foto Manfaat Buah Pisang
Foto Manfaat Buah Pisang


Pengertian Buah Pisang
Pisang adalah nama umum yang telah diberikan pada tumbuhan raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok tersusun menjari, yang disebut dengan sisir. Hampir semua buah pisang mempunyai kulit berwarna kuning ketika matang, walaupun ada beberapa yang berwarna jingga, hijau, ungu, merah atau bahkan hampir kehitaman. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber untuk energi (karbohidrat) dan mineral, terutama menghasilkan kalium.

kandungan buah pisang
Kandungan kesehatan yang mungkin didapatkan dari mengkonsumsi buah pisang dapat menurunkan risiko kanker, menurunkan tekanan darah, asma dan  meningkatkan kesehatan jantung. Rincian kandungan gizi pisang ukuran sedang (+126 gram). Satu porsi pisang mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang juga menyediakan berbagai vitamin dan mineral lainnya diantaranya:
1. Vitamin B6 – 0,5 mg
2. Mangan – 0,3 mg
3. Vitamin C – 9 mg
4. Kalium – 450 mg
5. Serat – 3g
6. Protein – 1 g
7. Magnesium – 34 mg
8. Folat – 25.0 mcg
9. Riboflavin – 0,1 mg
10. Niacin – 0,8 mg
11. Vitamin A – 81 IU
12. Besi – 0,3 mg
NB: Asupan pisang yang direkomendasikan adalah 4700 miligram/hari.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan
1. Sumber energi
Kandungan karbohidrat yang dikandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi dua buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

2. Kaya kandungan vitamin serta serat
Buah pisang memiliki dua kali karbohidrat dan lima kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400 mg didalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan kesehatan otak
Dengan mengkonsumsinya rutin dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut.

4. Menurunkan berat badan
Manfaat pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang mengandung kalori yang relatif kecil.

5. Menghaluskan kulit wajah
Bagi anda yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusi-nya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang kemudian tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

6. Mengobati jerawat
Cara menggunakan pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit menjadi bersih.

7. Menyeimbangkan jumlah cairan
Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup menunjang semua kinerja tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk bias membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

8. Mengatasi diabetes
Untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan bagi penderita diabetes.

9. Mengatasi anemia
Buah pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi dua buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

10. Mengobati sakit maag
Buah pisang sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang mengandung zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga meredakan maag.

11. Menyembuhkan luka bakar
Menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

12. Menyehatkan tulang
Mengkonsumsi pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang tinggi.

13. Memperlancar sistem pencernaan
Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap serta digunakan tubuh secara optimal.

14. Mencegah penyakit jantung
Buah pisang ini digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vit C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang di kandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh membantu menurunkan kolesterol.

15. Mengatasi gatal akibat terkena gigitan nyamuk
Gigitan nyamuk dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang serta oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

16. Meningkatkan mood
Buah pisang berfungsi membantu meningatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tak stres.

17. Mengurangi rasa sakit ketika haid
Apabila sering merasa nyeri setiap haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi pisang maka rasa nyeri tersebut dapat berkurang.

18. Melancarkan peredaran darah
Buah pisang mempunyai kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen keotak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang penyakit stroke, dan mengatur tekanan darah.

19. Mengobati sembelit
Pisang bisa digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses dari gejala awal sembelit

20. Mengurangi pembengkakan
Buah pisang mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan dan memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vit B-6 dalam buah pisang.

Manfaat Pisang Sangat Baik Untuk Kesehatan
1. Buah Pisang Berfungsi Untuk Melancarkan peredaran darah
2. Membantu pencernaan pada usus
3. Pisang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Mata
4. Menormalkan Fungsi Jantung

Tinggalkan Komentar: