CARA MENANAM BUAH NAGA MERAH DAN PUTIH DALAM POT

Cara Menanam Buah Naga  memang dengar susah tetapi ini adalah salah satu cara jika anda ingin merasakan segarnya buah naga yang baru dipetik dengan gratis atau anda menanamnya dengan lahan yang sempit  dalam jumlah yang kecil Anda bisa menanamnya di pot dan meletaknya di pekarangan rumah. Selain menikmati buahnya, buah ini juga menjadi penghias rumah. 
Kelebihan yang lain jika menanamnya di dalam pot adalah tanaman ini bisa dipindah-pindah sesuai dengan keinginan hati Anda, bila menanamnya dalam jumlah banyak tentu ini akan menghasilkan uang karena manfaat buah naga yang selalu menjadi prima dona para pecinta buah-buahan.
CARA MENANAM BUAH NAGA MERAH DAN PUTIH DALAM POT
Ilustrasi Tanaman Buah Naga Dalam Pot
“Pesan: Coba terlebih dahulu Menanam Buah Naga sebagai hoby bila terasa hasilnya jadikan hoby anda sebagai usaha yang profesional”

1. Menyiapkan Pot
Anda bisa memilih berbagai jenis pot dari bahan plastik, semen, tanah liat, polybag atau drum bekas (manfaatkan barang-bayang yang sudah tidak terpakai lagi). Tetapi pengalaman petani pengalaman, pot dengan bahan tanah liat merupakan pot yang paling ideal dikarenakan tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu uda yang drastis dari siang hari ke malam hari untuk proses pembungaan. Ukuran pot semakin besar semakin baik, minimal memiliki diameter + 40cm.

2. Menyiapkan Tiang untuk Panjatan
Tumbuhan buah naga ini membutuhkan tiang panjatan sebagai penopang supaya batangnya tidak roboh.  Tetapi pembuatan tiang penopang untuk tanaman buah naga di dalam pot berbeda dengan cara tanam buah naga pada tanah yang luas seperti yang kami jelaskan kemarin. Tiang penopang di dalam pot hanya di butuhkan jika terlihat batang pohon sudah tidak lagi sanggup menahan bebannya.

3. Media untuk Tanah (pupuk)
Setelah pot sudah disiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan media tanahnya. Bahan-bahannya adalah campuran dari tanah hitam, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 3 : 2 : 1. Anda bisa menambahkan bubuk dari batu bata merah dan dolomit (atau kapur pertanian) sebanyak 100 grm dicampur rata. Kemudian disiram semua bahan yang telah tercampur rata dengan air lalu biarkan selama sehari semalam.

4. Penanaman bibit
Pemilihan bibit ada dua cara cara cepat atau cara lama:
1. dari tuas batang buah naga yang telah tumbuh (cara cepat)
2. Dari bijinya dengan cara menyemainya terlebih dahulu (cara lama)
Yang saya akan jelaskan adalah menggunakan cara cepat, pilih tuas Bibit yang besar, dari batang buah yang tua berwarna hijau tua hingga keabuan dan bebas penyakit. Idealnya untuk panjang dari bibit yang ditanam adalah 30 cm. Selanjutnya bibit ditanam dengan kedalaman kurleb 10 cm, jangan terlalu dalam karena mengakibatkan pertumbuhan pohon kurang bagus. Selanjutnya siramlah dengan air dan diletakkan pada tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. (sebaiknya di tatam pada soreh hari agar batang yang kita tanam tidak langsung terkena sinar matahari pada siang hari  yang sangat menyengat)

5. Pemeliharaan Tanaman
Ketika kita Budidaya Buah Naga Merah dan putih dalam pot tidak jauh beda cara pemeliharaan buah naga yang dikebun yaitu pemupukan, penyiramannya dan pemangkasan cabang-cabang yang tidak dibutuhkan. Selain itu, yang harus anda diperhatikan adalah pastikan batang buah naga tidak muda goyang dan tertancap dengan kuat di dalam pot.
 Video Cara Menanam Buah Naga

CARA MENANAM BUAH NAGA sangat mudah bukan, silahkan anda praktekkan di halaman atau taman kecil dirumah anda. Semoga berhasil.
Judul: CARA MENANAM BUAH NAGA MERAH DAN PUTIH DALAM POT

Penulis: Heni Agustina 

Tinggalkan Komentar: