Makan Buah Kurma Untuk Penderita Diabetes

Makan Kurma Untuk Penderita Diabetes - Pada Bulan puasa saat yang tepat untuk mengikuti Rasulullah SAW, termasuk makan kurma saat berbuka. Bagi orang-orang normal tentu makan kurma 3 sampai 5 biji masih sangat aman dikonsumsi. Lantaran memang berfungsi untuk memproses glukosa pada tubuh. Berbeda pada penderita diabet yang memang berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Kebanyakan dokter membolehkan penderita diabetes untuk makan buah kurma, dengan catatan tidak berlebihan. batas normal hanya 3 biji Namun bukan hanya itu saja ada catatan lain yang diperhatikan.
Kurma yang akan disajikan untuk penderita diabetes merupakan kurma yang segar, karena kurma jenis ini mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah yaitu 45 / 3 biji. Jadi aman untuk dikonsumsi kurma selama tidak berlebihan.
Makan Buah Kurma Untuk Penderita Diabetes
Makan Buah Kurma Untuk Penderita Diabetes
Yang harus diperhatikan adalah penderita harus menghindari kurma yang diawetkan karena otomatis indeks glikemiknya akan lebih tinggi. Jadi sebaiknya mengganti dengan makanan yang lainnya saja. Nah sekarang sudah tahukan tentang bagaimana cara menjaga diri  apalagi bagi Penderita Diabetes. Sunnah rasulullah mengenai makan Buah kurma pada bulan ramadhan tentu tetap memiliki Manfaat Buah-Buahan yang utama. Asalkan orang yang menderita Penyakit Diabetes tidak asal dan memahami kaidah diet sehat untuk penderita diabets.

Bolehkan Penderita Diabetes Mengkonsumsi Kurma???
Di Indonesia, kurma identik dengan datangnya bulan ramadhan. Terutama bagi umat muslim, rasa legit yang terdapat pada buah ini memang disunnahkan sebagai makanan pembuka puasa. Kurma mengandung zat gula tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan energi setelah seharian tidak makan dan minum. Zat gula dalam kurma adalah karbohidrat komplek yang sangat mudah dicerna dan masuk ke darah dengan cepat. Lalu amankah Buah kurma untuk penderita diabetes yang justru sangat berpantang terhadap zat gula?
Dr. Eko Wahyuyono mengatakan, penderita deabetes sebaiknya untuk menghindari mengkonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa. Hal ini karna kandungan zat gula tinggi pada kurma justru dapat memicu kenaikan kadar gula darah.
Prinsipnya, diabetes adalah kelainan metabolisme glukosa di dalam tubuh. Insulin adalah horr-mon yang dilepaskan pankreas dan bertanggung jawab mempertahankan kadar gula tetap normal. Insulin bekerja untuk memasukkan gula ke sel hingga menghasilkan energi / disimpan untuk cadangan energi. Kurangnya insulin menyebabkan glukosa meningkat dan melebihi batas normal. Kadar gula normal yang sedang melakukan puasa + < 110. Di atas angka tersebut, para penderita diabetes harus selalu hati-hati.
Pada diabetes melitus, kelainan pada metabolisme glukosa mempengaruhi metabolisme yang lainnya, seperti metabolisme lemak serta metabolisme protein. Tiga gejala umum penderita diabetes adalah banyak minum, berat badan turun,  dan kencing terus menerus.
"Seringkali para penderita diabetes kecolongan. Begitu terjadi komplikasi, baru mau berobat. Kadar gulanya telah tinggi, mencapai 300-400," ucap Eko ketika ditemui di Klinik Gajah mada.
"Cara pengobatan diabetes dengan mengatur makan atau Diet Diabetes, olahraga dan yang terakhir baru obat. Orang seringkali mengabaikannya, makanan tak diatur, apalagi sesudah puasa, untuk balas dendam. Begitu terasa sakit, baru minta obat," ujarnya.
sebaiknya kita selalu maemakan makanan dengan mengontrol jumlahnya agar tidak berlebihan dan secukupnya saja. Kebanyakan dari kita bersifat “bumi hangus” seluruh makanan yang ada langsung di sikat atau dihabiskan sekejap mata. Makan yang seperti inilah yang menimbulkan penyakit. Makan Kurma Untuk Penderita Diabetes sebaiknya dalam jumlah yang normal.

Tinggalkan Komentar: