Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Dan Kandungannya

Kurma dengan nama latin “Phoenix dactylifera” yaitu tanaman palma di dalam genus Phoenix. Buahnya bernama buah kurma yang sering dikonsumsi sebagai manisan, terutama di saat puasa. Kurma dijadikan hidangan untuk buka puasa. Rasanya manis karena kandungan gula alami dan Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan tubuh mampu mengembalikan kebugaran setelah berpuasa.

Asal-usul kurma belum diketahui pasti karena sudah tersebar selama ribuan tahun di penjuru dunia. Namun penelitian mengarahkan bahwa pohon kurma berasal dari sekitar teluk Persia.
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Dan Kandungannya
Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Dan Kandungannya
Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan
Buah kurma populer sebagai santapan bulan Ramadhan ternyata memiliki kandungan Gizi, nutrisi dan vitamin yang sangat kaya. Beberapa hasil studi menyebutkan kurma baik sebagai makanan untuk penambah energi.

Sumber Energi
Kurma mengandung gula yang tinggi umumnya berasal dari glukosa dan fruktosa. Jenis gula yang ada di kurma adalah hasil pengolahan alami dan tidak berbahaya untuk tubuh.
Kandungan gula yang cukup tinggi menjadikannya sumber energi instan dalam mengembalikan energi yang telah hilang pada saat berpuasa juga menormalkan kembali kadar gula darah. Itulah mengapa kurma dianggap sebagai buah yang cukup ideal untuk hidangan berbuka. Segelas air minum yang mengandung glukosa, menurut David Conning, akan diserap oleh tubuh dalam 20 hingga 30 menit.
Tetapi kandungan gula dalam kurma habis terserap dengan tempo + 40-45 mnt. Ini dikarenakan kurma mengandung serat.
Kurma merupakan sumber serat yang baik. Sebaiknya konsumsi 20-30 gram setiap hari. Serat pangan terbagi menjadi dua jenis yaitu serat pangan larut serta serat pangan tak larut. Pada Serat pangan tak larut memiliki fungsi meningkatkan volume feses sehingga dapat menurunkan waktu transit di usus serta mudah dikeluarkan.
Penurunan pada waktu transit feses akan menurunnya waktu kontak sel mukosa usus besar dengan zat karsinogen dari feses. Sedangkan Serat pangan larut membantu mengontrol diabetes, menurunkan kadar gula darah yang meningkat. Selain itu serat pangan larut berperan dalam menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah.

Sumber Mineral
Kurma mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan pada tubuh. Fungsi mineral umumnya yaitu membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi pada otot dan berperan pada tekanan darah. Kurma kaya kalium dan rendah sodium. Peran Kalium dalam memelihara kontraksi otot termasuk otot jantung.
Makan kurma Selain juga berperan memelihara sistem syaraf serta keseimbangan metabolisme tubuh. Karena kalium tak disimpan di tubuh dan banyak hilang dengan keringat, sehingga disuplai dari makanan. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah kita.
Hasil Penelitian merekomendasikan mengkonsumsi sekitar 400 mg kalium bisa menurunkan resiko stroke sebesar 40 persent. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut hanya perlu mengkonsumsi + 65 gr atau 5 buah kurma kering. Kurma juga mengandung mineral-mineral penting lainnya seperti zat besi, kalsium, mangan, magnesium, fasfor dan tembaga.

Sumber Vitamin
Vitamin terkandung dalam kurma antara lain vit A, tiamin (Vitamin B1), riboflavin (B2), niasin (B3), dan asam pantotenat (B5) dalam jumlah yang cukup. Selain itu terdapat kandungan vitamin C dan E.
1. Vitamin A berfungsi memelihara mata dan mencegah kekeringan.
2. Vitamin B berfungsi menenangkan syaraf, relaksasi jantung dan membuat pikiran rileks.

Sumber Fitokimia
Kandungan kurma juga salisilat alami dengan dosis rendah. Salisilat dikenal untuk bahan baku aspirin, o-bat penghilang rasa sakit serta demam. Berdasarkan hal itu dosis rendah salilisat di buah kurma bisa meredakan sakit kepala. kurma juga mengandung horr-mon potuchsin yang dapat menciutkan pembuluh darah di dalam rahim, sehingga bisa mencegah pendarahan rahim. Kurma mengandung senyawa fenol dan karoten berfungsi untuk antioksidan.

Selain itu semua masih banyak lagi maanfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh:
  • Menyehatkan Mata
  • Menambah nafsu makan
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Mengendurkan sel-sel sarah/saraf
  • Mencegah pendarahan saat hamil dan ketika melahirkan
  • Menurunkan kadar kolesterol darah
  • Sarana Ruqyah Syar'iyyah (kurma Ajwah)
  • Membantu proses pembekuan darah
  • Dan Lain-lain
Zat gizi
Jumlah
Zat gizi
Jumlah
Air
18.27
Vitamin:
Energi
251 kkal
Vit A
9 IU
Protein
2.81 gr
Vit B1 (tiamin)
0.046 mg
Karbohidrat
66.78 gr
Vit B2
0.059 mg
Serat
7.1 gr
Vit B3 (niasin)
1.134 mg
Gula
56.38 gr
Vit B5
0.525 mg
Total lemak
0.35 gr
Vit B6
0.147 mg
Lemak jenuh
0.0028 gr
Vit B9 (folat)
17 mcg
MUFA
0.0032 gr
Vit B12
0 mcg
PUFA
0.017 gr
Vit C
0.4 mg
kolesterol
0 mg
Vit E
0.04 mg
Mineral:
Vit K
2.4 mcg
Kalsium
35 mg
Fitonutrisi:
Zat Besi
0.91 mg
Beta karoten
5 mcgr
Magnesium
38 mgr
Beta kriptoxantin
0 mcgr
Fosfor
55 mgr
Likopen
0 mcgr
Kalium
484 mgr
Lutein & zeaxantin
67 mcgr
Sodium
2 mgr
Seng
0.26 mgr
Sumber: USDA National Nutrient Database 4 (for) Standard Reference

Mumpung buah kurma tersedia di mana-mana mari kita beli untuk mendapatkan Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan tubuh kita.

Tinggalkan Komentar: