Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
Jambu Biji  atau Psidium guajava L adalah salah satu buah yang populer di indonesia karna dapat di jumpai di setiap daerah di indonesia, harga jambu biji 5.000,- sampai 10.000,-/kg di bogor (karna saya pernah jauh-jauh ke bogor hanya untuk beli jambu biji) karna buahnya masih segar dan besar-besar. Tetapi di kalangan masyarakat kita buah jambu ini hanya populer ketika seseorang menderita demam berdarah. Padahal, buah ini kaya vitamin C dan terdapat banyak khasiat bagi kesehatan yang belum diketahui oleh orang-orang.
Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
Gambar Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
Kandungan jambu biji
Berikut ini gizi dan nutrisi yang terkandung dari buah jambu biji untuk kesetan tubuh kita, terhitung dari 100 gr  jambu:
Kandungan
Jumlah / 100 gram
Kalori
49 kal
Vitamin A
25 SI
Vitamin B1
0,02 mg
Vitamin
C 87 mg
Kalsium
14 mg
Hidrat Arang
12,2 gram
Fosfor
28 mg
Besi
1,1 mg
Protein
0,9 mg
Lemak
0,3 gram
Air
86 gram

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
1. Menurunkan hipertensi
Jambu biji merupakan buah yang baik dikonsumsi secara rutin jika ingin terhidar dari serangan jantung. Buah jambu menjadi hipoglikemik di alam serta kaya serat yang bermanfaat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, jambu yang berukuran sedang dapat mencukupi 20% kebutuhan harian pada tubuh akan potasium. Dengan rutin mengonsumsi potasium dapat menurunkan tekanan darah.
2. Mencegah kanker
Buah ini mengandung antioksidan untuk melawan kanker “likopen”. Likopen di jambu biji mudah diserap tubuh dibanding likopen yang berasal tomat karena perbedaan struktur selnya. Konsumsi likopen yang cukup berpengaruh untuk penurunan risiko kanker pros-ttat. Seluruh jenis jambu biji terkandung antioksidan tinggi, terutama jambu biji yang berdaging merah.
3. Batuk dan flu
Daun jambu yang dimakan mentah atau buah jambu biji mentah yang dijus dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan flu. Ramuan ini mengurangi pembentukan lendir dan pembebasan saluran pernapasan dari infeksi. Buah jambu biji kaya vit C dan zat besi yang menghambat infeksi dari virus flu.
4. Mengobati diare
Tanaman jambu biji mempunyai astringen, zat kimia yang menyusutkan jaringan tubuh. Itu sebabnya gusi terasa lebih keras serta an segar setelah mengunyah jambu biji dan daun jambu biji mengandung zat antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri-bakteri ketika terkena disentri.
5. Mencegah sembelit
Kandungan serat tinggi dalam jambu biji mencegah sembelit / konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang terkandung 36% kebutuhan serat yang sangat direkomendasikan. Selain itu biji buah ini menjadi laksatif yang berfungsi membersihkan sistem pembuangan usus.
6. Merawat kulit
Kandungan astringet akan meningkatkan tekstur kulit serta mengencangkan kulit yang akan kendur. Bukan hanya itu buah ini mengandung vitamin A, vit C dan potasium yang berfungsi untuk antioksidan. Nutrisi ini membantu proses detoksifikasi serta menjaga kulit agar tetap sehat dan bebas akan keriput.
7. Menurunkan berat badan
Komponen yang diperlukan dalam menurunkan berat badan dimiliki buah ini (serat, protein serta vitamin). Buah ini membuat perut terasa kenyang. Jambu biji yang berukuran sedang yang diasup ketika makan siang cukup untuk mengganjal perut hingga makan malam.
8. Diabetes
Buah dan daun jambu biji dapat membantu menurunkan gula darah di dalam tubuh.
9. Merawat gigi
Konsumsi buah ini secara langsung atau di buat jus bisa merawat gusi dan mengatasi gusi bengkak serta berdarah.
10. Sariawan perut
Vitamin C yang terkandung di jambu biji empat kali lebih tinggi  dari pada vitamin C yang terdapat di jeruk. Selain itu, buah ini menjadi  pencegah yang ampuh bagi sariawan perut, sebuah penyakit ditandai dengan gusi berdarah dan bengkak.

Khasiat Jambu Biji Bagi Kesehatan
1. Jambu biji mengandung tannin, yangsedikit terasa sepat pada buah tetapi berfungsi memperlancar pencernaan, sirkulasi darah, serta berguna untuk menyerang virus.
2. Manfaat pectin pada buah jambu adalah untuk menurunkan kadar kolesterol, dengan mengikat kolesterol serta asam empedu di dalam tubuh dan membantu untuk pengeluarannya.
3. Di dalam jambu biji ditemukan likopen yaitu zat potensial lainnya. Likopen adalah karetenoid (pigmen penting bagi tanaman) yang terdapat di darah (0,5 mol / liter darah) dan mempunyai aktivitas antioksidan. Mengkonsumsi likopen yang meningkat, khususnya jambu ini yang daging pada buahnya berwarna merah, bijinya banyak dan berasa manis memiliki efek perlindungan pada tubuh dari penyakit kanker.
4. Buah Jambu juga mengandung kalium yang berfungsi menstabilan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi pada otot, mengatur pengiriman zat gizi lainnya ke sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan dan menurunkan darah tinggi.
5. Dengan mengkonsumsi jambu biji 0,5 sampai 1 kg /hari selama empat minggu akan menurunkan resiko terkena serangan jantung sebesar 16 persent.
6. Jambu Biji merah dipergunakan untuk penyembuh demam berdarah.

Semoga tulisan dan artikel tentang Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan berguna dan bisa memberikan inspirasi kita untuk tetap sehat.


Tinggalkan Komentar: