Sumber Makanan Dan Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

Sumber Makanan Dan Manfaat Vitamin D memiliki banyak sekali sumber dan khasiat karna itu kita harus mengetahui makanan appa saja yang dapat menghasilkan Vitamin D untuk kebutuhan tubuh kita dan dari makanan yang kita makan apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh, semua pertanyaan ada ada jawabanya di bawah sini silahkan di baca dengan telitih
Untuk melakukan aktifitas tubuh harus berada dalam keadaan yang vit dan sehat. karena itulah kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin karena vitamin memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Seperti Vitamin D atau yang sering sebut juga dengan nama kalsiferol vitamin ini  tergolong kedalam Grup Vitamin yang akan larut dalam lemak prohormon, Seperti Vitamin A, Vitamin B.

Sumber Makanan Dan Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan
Sumber Makanan Dan Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan 

Jika ingin mendapatkan asumsi Vitamin D yang cukup untuk tubuh konsumsilah makanan yang memiliki sumber Vitamin D seperti,ikan udang minyak ikan, biji bunga matahari jeruk, stroberi, brokoli, dan sayuran hijau.

Tubuh membutuhkan Vitamin D yakni untuk membantu dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang kuat dan baik, Vitamin D berfungsi untuk  menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia dan perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease),dapat juga berfungsi untuk meningkatkan metabolisme serta penyerapan kalsium, fosfor dan memiliki beberapa Manfaat untuk kesehatan tubuh:
  1. Mencegah Penyakit Kanker Payudara 

    para wanita yang takut jika mendengar kanker apalagi kanker payudara karna kanker ini hanya menyerang kaum hawa namun jika memenuhi kebutuhan Vitamin D ini dalam tubuh dapat terhindar dari kanker ini, telah diteliti bahwa dengan mengkonsumsi Vitamin D menghambat penggandaan sel kanker.
  2. Menjaga Kekebalan Tubuh

    Karena Vitamin D ini terdapat molekul yang aktif yaitu kalsitriol yang merupakan pemeran utama di dalam metabolisme absorpsi kalsium ke  tulang, fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang memiliki pengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit sehingga jika mengkonsumsi makanan dan buah-buhan yang mengandung Vitamin D akan membuat selalu  sehat.
  3.  
  4. Menyehatkan Dan Meremajakan Kulit
    Bagaimana dengan manfaat bagi kulit? Diketahui bahwa tubuh bisa memproduksi vitamin D loh. Walaupun tetap harus memiliki asupan dari makanan alami tanpa perlu mengkonsumsi dari suplemen vitamin D. Asupan makanan vitamin D yang alami bisa anda konsumsi yaitu dari ikan-ikan, telur dan margarin. Karena manfaatnya untuk kulit tentu akan membuat kulit lebih sehat. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 bisa mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Dapat juga memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka di dalam kulit dan meremajakan kulit. Biasanya dipakai di dalam produk perawatan kecantikan.
  5. Mengobati Penyakit Osteomalacia
    Osteomalacia merupakan penyakit yang  ditemui pada jaringan tulang manusia, yang disebabkan karena proses pembentukan dari lapisan mineral tidak terjadi sebagaimana mestinya. Dalam hal ini, tulang baru akan terbentuk tanpa adanya lapisan mineral yang mendukung sehingga menyebabkan tulang menjadi lunak. Tulang yang lunak akan mudah retak dan patah. Satu-satunya cara mengobati penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D dan mendapatkan sinar matahari.
Makanan Yang Mengandung Vitamin D
Berikut ini  berbagai jenis makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik:
1. Minyak hati ikan cod
Membayangkan bau dan rasanya, Anda mungkin mual. Tapi coba pikirkan manfaat dan kandungan vitamin D di dalamnya! Satu sendok makan minyak ikan mengandung 1360 IU / 340 persen kebutuhan harian vitamin D Anda! Artinya, minyak ikan ini penyedia vitamin D terbaik didalam sekali telan! Minyak ikan juga kaya asam lemak omega-3, yang berfungsi melindungi dari penyakit jantung, depresi dan Alzheimer.

2. Jamur
Jamur adalah  makanan yang mengandung vitamin D. Jamur memiliki konsentrasi nutisi ini yang tinggi. Berbeda dengan kebanyakan jenis sayuran lainnya, jamur juga kaya akan zinc serta protein.

3. Kedelai
Bagi yang kekurangan vitamin D, mungkin sudah saatnya untuk mengganti susu biasa menggunakan susu kedelai. Begitu juga mengganti produk susu seperti keju dengan tahu atau produk kedelai lainnya. Susu hanyalah mengandung kalsium, sedangkan kedelai mengandung kalsium serta vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang.

4. Susu
Satu gelas susu mengandung 98 IU / 25% kebutuhan vitamin D / hari. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang minum 10 gelas susu atau lebih /minggu saat usia remaja dan usia 20-an, memiliki resiko rendah untuk terkena kanker payudara. Jadi, jangan malas minum susu!

5. Udang
Salad udang bukan ghanya sekedar rendah kalori. Melahap udang sebanyak 85 gram berarti Anda sudah mengasup 129 IU vitamin D /  32% kebutuhan setiap hari. Udang  kaya protein dan mineral seperti zinc, yang membantu untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

6. Tuna kalengan
Jika makan 85 gram ikan tuna kalengan, berarti mengasup vitamin D sebanyak 200 IU atau 50% dari kebutuhan harian. Ikan tuna menjadi sumber protein yang baik dan mengandung omega-3 sehingga bisa dijadikan stok makanan wajib yang ada di rumah.

7. Sereal
Satu cangkir sereal  sarapan ternyata  kandungan vitamin D 40 IU atau 10 persen dari kebutuhan harian . Tak cuma itu,  juga mendapat energi dari kandungan zat besi serta vitamin B. Nah, jangan ragu untuk pilih sereal untuk menu sarapan.

8. Keju Swiss
Selembar dari keju Swiss mengandung 12 IU vitamin D atau 4% kebutuhan harian tubuh Anda. Yang harus dicatat, keju Swiss merupakan  keju yang mengalami proses pembuatan alami sehingga kandungan sodiumnya lebih rendah dibanding dari keju pabrikan yang banyak dijual dipasaran.

9. Tiram
Lebih dahsyat dari pada udang, tiram memiliki kandungan vitamin D lebih tinggi. Setiap 85 gram-nya, mengandung 272 IU vitamin D / 68% dari kebutuhan harian. Jenis seafood ini juga bisa menjadi makanan aphrodisiac alian makanan yang pembangkit gairah seksual. Tiram juga sumber zat mineral zinc, dan merawat kesehatan pada kuku, rambut, serta mata.

10. Kuning Telur
Sebelum membuang bagian kuning telur dari telur mata sapi , pertimbangkan dulu fakta penting: kuning telur memiliki kandungan 20 IU vitamin D /  sekitar 6% kebutuhan vitamin D harian Anda. Telur juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein dan lebih awet memberikan rasa kenyang.

11. Ikan Salmon
Setiap 100 gram mengandung 360 IU vitamin D / 90% dari kebutuhan harian manusia pada umumnya. Daging ikan salmon sumber terbaik asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung serta kanker dan depresi.

12. Jus jeruk
Segelas jus jeruk, mengandung 100 IU vitamin D / 25% kebutuhan harian Anda. Jus jeruk juga kaya vitamin C serta antioksidan yang membantu melawan penyakit.

13. Kaviar
Makanan termahal didunia ini selain lezat juga  tinggi akan kadar vitamin D. Kaviar juga mampu membantu memiliki jantung yang sehat.

14. Margarin
Periksa margarin yang  dibeli dan pastikan ada vitamin D yang terkandung di dalamnya. Meskipun  seperti itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi margarin karena dapat membahayakan kesehatan.

15. Tahu
Terakhir, tahu serta  tempe yang merupakan fermentasi kedelai adalah makanan yang mengandung vitamin D yang sangat tinggi. Bagi vegetarian, tahu dan tempe tentu menjadi pilihan tepat memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

16. Salami dan Sosis
Salami dan sosis merupakan  dua varietas daging olahan paling populer. Meski bukan kategori makanan segar, salami juga sosis adalah makanan yang kaya vitamin D.

Mungkin sampai disini dulu penjelasan seputar Sumber Makanan Dan Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan dan kita akan lanjutkan tentang kesehatan lainnya di hari-hari kedepan. oh iya saya sedikit sakit ni karna kehudanan dalam beberapa hari ini tolong didoakan agar cepat sembuh ya... dan bisa menulis lagi di blog ini. makasi... :)

Tinggalkan Komentar: