Jenis-Jenis Vitamin B, Manfaaat Dan Fungsi Vitamin B Bagi Kesehatan

Jenis-Jenis Vitamin B, Manfaaat Dan Fungsi Vitamin B Bagi Kesehatan Tubuh - kali ini kita akan membahas tentang vit B karna ada banyak sekali macam-macam jenis vitamin B dan pada lebih dari 1 macam vit B yang ada dan semua jenisnya akan kita bahas di bawah ini, sebelum kami menjelaskan Jenis-Jenisnya kami akan menerangkan tentang Manfaat Vitamin B dan Fungsi-Fungsi Vitamin B Untuk Kesehatan Tubuh Kita.

Vitamin B Merupakan 8 vitamin yang larut dalam air dan mempunyai peran penting dalam metabolisme sel. Dulunya, vitamin ini pernah diduga hanya memiliki satu tipe, yaitu vitamin B (seperti vitamin C atau vitamin D).Namun sesudah diteliti lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia didalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain serta terlihat di dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini dikatan sebagai vitamin B kompleks.

Jenis-Jenis Vitamin B, Manfaaat Dan Fungsi Vitamin B Bagi Kesehatan
Ilustrasi Vitamin B
Kita dapat mendapatkan sumber Vitamin B kompleks ini dari, buah-buah, sayur-sayuran, dan lauk pauk yang di makan sehari-hati diantaranya yakni:
Kacang lentil, almond, dan sayur bayam selada kobis,ikan,telur, susu dan daging, semua ini adalah sumber makanan yang mengandung Vitamin B1.
Dan Sumber makana yang mengandung Vitamin B2 yakni banyak ditemukan pada ayam, ikan salmon, ikan tuna dan bisa  juga terdapat pada pasta dan gandum utuh.

Walaupun Vitamin B ini terdiri Dari Vit B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 serta B12 akan tetapi semua Vitamin ini bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan juga untuk keberlangsungan hidup kita. dan Vitamin B kompleks ini mempunyai fungsi tersendiri dalam tubuh kita seperti untuk menghasilkan energi, hal ini dilakukan  Vitamin B1, B2,B3 dan B7 sedangkan Vitamin B6 berfungsi untuk metabolisme asam amino.serta vitamin B12 dan B9 membantu dalam pembelahan sel.

Manfaaat Vitamin B Bagi Kesehatan
Vitamin B kompleks memiliki manfaat yang banyak diantaranya yakni:
  1. Untuk Meningkatkan Daya Ingat
    Homosistein merupakan senyawa asam amino yang merupakan racun bagi sel-sel saraf, sehingga Vitamin B kompleks akan menjadi pelindung disekitar saraf otak agar tidak mendapatkan ancaman sedikitpun dari homosistein hingga daya ingat dan kosentrasi bisa tetap terjaga.
  2. Untuk Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
    Sebagian besar orang zaman sekarang sudah banyak sekali  mempunyai masalh pada rambut yakni telah tumbuh uban padahal umurnya masih tergolong muda, dan juga sering mengalami kulit yang kering dan kusam, tahu kah anda Kesehatan kulit, dan rambut tergantung pada sistesis RNA (ribonucleic acid) serta DNA (deoxyribonucleic acid) yang terjadi setelah dibantu vitamin B kompleks. sehingga jika mengalami gejali seperti tumbuh uban sebelum waktunya itu tandanya sedang kekurangan asupan Vitamin B komplks.
  3. Meningkatkan Produksi Energi
    Perubahan dari karbohidrat menjadi glukosa yang akan menghasilkan energi saat kita melakukan suatu aktifitas atau olahraga seperti berlari / senam, merupakan fungsi utama dari Vitamin B kompleks ini. sehingga jika kekurangan Vitamin B kompleks ini akan merasakan lelah,Lesu dan mudah capek saat anda beraktifitas maupun saat anda berolahraga.
  4. Untuk Menjaga Sistem Pencernaan
    jika mengalami masalah  pada sistem pencernaan anda itu merupakan tanda bahwa anda harus banyak mengkonsumsi makanan,buah-buahan dan lauk pauk yagn banyak mengandung Vitamin B kompleks. dikarenakan Vitamin B kompleks ini merupakan Vitamin yang larut dalam air sehingga mampu memperbaiki sisitem pencernaan dan asam klorida.
  5. Untuk Menjaga Kesehatan Kandungan
    Menurut ahli, salah satu langkah penting yang bisa dilakukan ibu hamil untuk mengurangi kemungkinan cacat dari lahir yang serius adalah mengasup jumlah cukup vitamin B9 (asam folat).Vitamin ini akan lebih efektif bila diambil dalam jumlah yang cukup sebelum hamil dan selama awal dari kehamilan.Asam folat berkontribusi dalam perkembangan DNA yang pada akhirnya akan mengoptimalkan pertumbuhan janin.Ibu hamil dan menyusui dianjurkan mengonsumsi lebih kurang 400 mg asam folat setiap hari.Defisiensi vitamin B9 bisa memicu gangguan pada pertumbuhan bayi, dan kesulitan belajar.
inilah beberapa Fungsi dan manfaat dari Vitamin B kompleks dan jika anda tidak menyukai sayuran atau buah-buahan yang  mengandung Vitamin B kompleks  bisa mendapatkan dari mengonsumsi suplemen Vitamin B kompleks yang banya tersedia dipasaran, serta semoga setelah anda membaca nya dapat memberikan manfaat kepada semua agar kesehatan tubuh anda bisa terjaga dengan baik.

Mungkin sering mendengar vitamin B. Uniknya dari vitamin B adalah ada banyak jenis vitamin B yang bermanfaat untuk tubuh. Vitamin B1vitamin B2,vitamin B6 atau vitamin B12 mungkin sering Anda dengar. Sebenarnya, terdapat 8 jenis vitamin B yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja jenis dari vitamin B? Berapa banyak yang kita butuhkan? Apa saja manfaatnya bagi tubuh? Dan sumber makanan apa saja yang mengandung jenis vitamin B?

Jenis Vitamin B

Vitamin B memiliki 8 jenis, yaitu vit B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan berbagai penyakit. Itu sebabnya berbagai banyak multivitamin yang ada menyertakan variasi beberapa macam vitamin B yang disebut vitamin B-kompleks. Berikut ini penjelasan tentang jenis vitamin B.
  • Vitamin B1 (Tiamin)

    Fungsi: Mengubah zat karbohidrat dalam makanan menjadi energi.
    Kebutuhan Untuk: Wanita 1,1 mg; Pria 1,2 mg; Wanita hamil sertamenyusui 1,4 mg.
    Sumber: Nasi, roti, sereal, tepung terigu serta makanan laut seperti udang, kepiting atau kerang.
  • Vitamin B2 (Riboflavin)

    Fungsi: Untuk Menjaga kesehatan mata dan kulit.
    Kebutuhan Untuk: Wanita 1,1 mg; Pria 1,3 mg; Wanita menyusui 1,6 mg.
    Sumber: Susu, keju, ayam, brokoli, bayam, jamur.
  • Vitamin B3 (Niasin)

    Fungsi: Untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan dan membantu mengubah makanan menjadi energi.
    Kebutuhan untuk: Wanita 14 mg; Pria 16 mg; Wanita hamil 18 mg; Wanita menyusui 17 mg.
    Sumber: dari Padi-padian, kacang-kacangan dan daging sapi sertajamur.
  • Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

    Fungsi: sama dengan jenis vitamin B lainnya, vitamin B5 berguna untuk proses pemecahan lemak, protein, karbohidrat menjadi energi. Manfaat lainnya untuk pembentukan sel darah merah serta membuat vitamin D.
    Kebutuhan Untuk: Wanita 4 mg; Pria 6 mg; Wanita hamil 5 mg; Wanita menyusui 6 mg.
    Sumber Dari: Ayam, ikan sarden, alpukat dan semangka.
  • Vitamin B6 (Piridoksin)

    Fungsi: Diperlukan memproses asam amino dan lemak.
    Kebutuhan Untuk: Wanita 1,3 mg; Pria 1,3 mg; Wanita hamil 1,9 mg; Wanita menyusui 2 mg. Kebanyakan mengkonsumsi vitamin B6 dengan konsumsi lebih dari 50 mg per hari dapat menyebabkan kerusakan pada saraf secara permanen.
    Sumber: ikan, Daging unggas, sapi, kentang, tomat, pisang, buah yang berwarna ungu serta sayuran hijau.
  • Vitamin B7 (Biotin)

    Fungsi: Untuk Membantu dalam proses pemecahan lemak, protein menjadi energi yang akan digunakan tubuh.
    Kebutuhan Untuk: Wanita 25 mkg; Pria 30 mkg; Wanita hamil 30 mkg; Wanita menyusui 35 mkg.
    Sumber: Dari Daging ikan salmon, telur, sereal, susu, pisang dan kacang tanah.
  • Vitamin B9 (Folat)

    Fungsi: Bertugas supaya sel-sel pada tubuh berkembang dengan benar, membentuk sel darah merah serta mencegah kerusakan saraf pada janin.
    Kebutuhan Untuk: Wanita 400 mkg; Pria 400 mkg; Wanita hamil 600 mkg; Wanita menyusui 500 mkg. Vitamin B12 yang berlebihan akan mengakibatkan kekurangan vitamin B12.
    Sumber: Susu (produk olahan susu), bit, hati, melon serta sayuran berdaun hijau.
  • Vitamin B12 (Kobalamin)

    Fungsi: untuk Mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi, menjaga sel darah merah tetap sehat, untuk melindungi sel saraf, mencegah penyakit jantung, dan mencegah penyusutan otak yang bisa menyebabkan daya ingat menurun.
    Kebutuhan Untuk: Wanita 2,4 mkg; Pria 2,4 mkg; Wanita hamil 2,6 mkg; Wanita menyusui 2,8 mkg.
    Sumber: Susu, Daging sapi, daging ikan, hati, telur, kedelai dan rumput laut.
Ya, vitamin B banyak manfaatnya. Khususnya untuk ibu hamil dan menyusui, harus selalu menjaga agar vitamin B cukup terpenuhi di dalam menu makan sehari-hari. Bagi semua orang, vitamin B sangat menunjang untuk terpenuhinya gizi yang baik.

Mengolah Vitamin B

Dalam pengolahan / jika harus melalui proses pemasakan, sebaiknya tidak direbus. Disarankan mengolah menggunakan microwave atau dengan cara dikukus. Hal ini karena vitamin B mudah larut dalam air serta mudah rusak jika dipanaskan. Sebaiknya, simpan sumber makanan vitamin B dalam keadaan dingin di dalam lemari es agar vitamin ini tetap terjaga.
Walau jumlah dibutuhkan oleh tubuh tidak terlalu banyak, tetapi vitamin B yang memiliki jenis yang beraneka ragam sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam membantu tubuh mendapatkan energi. Dengan mengetahui jenis-jenisnya yang beraneka ragam dengan manfaat yang berbeda, Anda dapat berusaha supaya kebutuhan tubuh akan vitamin B tetap terpenuhi.
inilah beberapa penjelasan seputar Vitamin B tentang Jenis-Jenis Vitamin B, Manfaaat Dan Fungsi Vitamin B Bagi Kesehatan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua....

Tinggalkan Komentar: