Manfaat Buah Alpukat Untuk Bayi

Manfaat Buah Alpukat Untuk Bayi Rentang usia bayi untuk pemberian alpukat: du usia 6-8 bulan.

Khasiat Alpukat
Alpukat bisa menjadi alternatif yang baik, sebagai MPASI pertama yang diperkenalkan kepada bayi. Kenapa? Selain mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi, teksturnya yang sangat lembut membuatnya mudah untuk dicerna oleh Anak Anda…
Bahkan kita semua sering mendengar bahwa alpukat diberi gelar sebagai hasil bumi yang paling sempurna, karena dia mengandung semua nutrisi yang diperlukan tubuh untuk dapat bertahan hidup.
Makanya, dari pada memberikan buah hati sereal instan, cobalah Anda pertimbangkan agar memberikan alpukat padanya sebagai “lemak baik” yang berkhasiat untuk perkembangan otak dan fisik bayi!
Menurut para pakar nutrisi, alpukat bebas akan Sodium dan Kolesterol, serta mengandung nutrisi yang bermanfaat, termasuk 8 persen dari jumlah Folat per hari yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi; 4 persen serat serta potasium; 4 persen vitamin E dan 2 persen zat besi. Satu buah alpokat mengandung + 81 mikrogram Carotenoid Lutein, serta 19 mikrogram Beta-Caroten dan 3,5 gram Lemak Tidak Jenuh yang dikenal sangat berperan pada pembentukan sistem saraf pusat dan otak.
Manfaat Buah Alpukat Untuk Bayi

Kandungan Nutrisi Alpukat
Vitamin (dalam 1 gelas pure):
1. Vitamin A – 338 IU
2. Vitamin C – 20.2 mg
3. Vitamin B1 (thiamine) – .2 mg
4. Vitamin B2 (riboflavin) – .3 mg
5. Niacin – 3.9 mg
6. Folate – 205 mg
7. Pantothenic Acid – 3.3 mg
8. Vitamin B6 – .6 mg
Terdapat vitamin lainnya dalam jumlah kecil.
Mineral (pada 1 buah yang berukuran sedang):
1. Potassium – 1166 mg
2. Phosphorus – 124 mg
3. Magnesium – 67 mg
4. Calcium – 30 mg
5. Sodium – 18 mg
6. Iron – 1.4 mg
Juga mengandung jumlah  kecil dari selenium, mangan serta zat zinc dan tembaga.

Kapan Kita Memperkenalkan Alpukat kepada Bayi Pertama Kali?
Alpukat bisa mulai Anda perkenalkan pada si kecil usia 6 bulan, karena tekstur yang lembut bila dilumatkan. Selain jenis MPASI lain, Anda dapat memberikan variasi alpokat yang dilumatkan, dicampur buah pir, pisang, bahkan yoghurt sebagai makanan selingan bayi Anda.
Walaupun sebagian orang tua takut memberikan alpukat pada bayinya, karena dia khawatir akan kandungan lemaknya, tetapi percayalah – bayi Anda pun tidak seharusnya menerima asupan yang “rendah lemak”.

Bagaimana Kandungan Lemak dalam Alpukat?
Alpukat memang mempunyai kandungan lemak dan kalori tinggi, sehingga sebagian orang menyuruh Anda untuk menghindarinya. Tahukah, buah alpukat dengan ukuran sedang mengandung + 322 kalori serta 30 gram lemak. 1 gelas pure buah alpokat mengandung + 700 kalori, karena biasanya membutuhkan 2 buah alpukat.
Jadi, manfaat alpukat jauh lebih besar daripada “resiko”nya. Alpukat pun mengandung lemak tak jenuh mono yang dikenal bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan membentu untuk menjaga kesehatan jantung. Dan ditinjau dari segi kandungan serat, alpukat sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi resiko kanker serta serangan jantung.
Bagaimana Cara Untuk Memilih Buah Alpukat?
Ketika Anda membeli buah alpukat, pastikan memilih yang kulitnya berwarna hijau tua dengan permukaan yang tak rata. Buah yang bagus pun biasanya agak kenyal ketika Anda tekan. Ketika alpukat dibelah menjadi dua, maka warna daging yang baik biasanya berwarna hijau serta berubah menjadi seperti kuning mentega ke arah bijinya.

Cara Terbaik Mengolah Alpukat sebagai MPASI
Cara terbaik dalam mengolah alpukat adalah dengan tidak dimasaknya terlebih dulu. Anda hanya tinggal mengeruk daging dari buahnya sampai menjadi potongan kecil. Jika berkeinginan menyimpannya dalam freezer, maka sebaiknya Anda simpan dalam keadaan potongan seperti ini. Baru ketika orang tua akan diberikan kepada bayi, baru alpukat dilumatkan. Dengan begini, buah tidak mudah berubah warna menjadi coklat.
Untuk melumatkan alpokat, Anda tak perlu menggunakan blender, cukup dengan sendok saja karna buah akan mudah hancur (kecuali jika berkeinginan membuat pure atau krim untuk wajak dan kulit)!

Contoh Resep Sederhana Untuk Bayi
Pure Alpukat Campuran Pisang (mulai dari usia 6 bulan)
Kerok daging 1 sampai 2 buah alpukat, lumatkan menggunakan sendok. Kupas 1 buah pisang serta lumatkan juga dengan sendok. Untuk membuat pure yang berbentuk seperti krim, Anda bisa memakai blender atau food processor hingga kehalusannya sesuai dengan keinginaan. Tidak perlu dimasak yaaa.
Salad Buah (Untuk usia 6-8 bulan)
1. 3-4 buah alpukat matang
2. 3-4 buah pisang matang
3. 3-4 buah pir (yang sudah dikukus)
4. 2 sendok yogurt (untuk usia > 8 bulan)
Pastikan kulit buah telah dikupas semua, potong kecil dan masukkan ke blender atau food processor, lalu haluskan. Jika bayi berusia lebih dari 8 bulan, boleh tambahkan sekitar 2 sendok yogurt.
Jika bayi Anda telah bisa memegang makanan sendiri, maka cara lainnya untuk membuat salad buah adalah dengan memotong-motong dari setiap jenis buah berukuran dadu, kemudian tuangkan yogurt di atasnya dan biarkan bayi memakannya sendiri untuk makanan tambahan.
Krim Alpukat Mangga (untuk usia 8-10 bulan)
1. 1 cangkir mangga yang telah dipotong-potong
2. 1 buah alpukat, potong sebesar dadu
3. Yogurt atau air atau Jus apel/pir*
*Jika bayi tidak mengkonsumsi yogurt atau Anda tidak ingin menggunakan jus, hanya Anda tinggal mengupas, memotong serta melumatkan buah mangga dengan sedikit tambahan air sehingga mencapai sedikit kentalan yang cocok untuk si buah hati.
Lumatkan buah alpukat dan mangga sampai halus. Tambahkan sedikit yogurt, air atau jus. Kocoklah menggunakan alat pengocok telur dengan manual.
Jika Anda berkeinginan untuk berekspresi menggunakan alpukat dan membuat variasi menu lainnya, berikut ini beberapa bahan makanan yang cocok digunakan:
1. Pisang
2. Pir
3. Apel
4. Ayam
5. Yogurt

Selamat mencoba dan dapatkan Manfaat Buah Alpukat Untuk Bayi Anda!

Tinggalkan Komentar: