MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN ANDA

MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN - Buah naga Adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari Hylocereus dan Selenicereus. Kebanyakan yang mengira buah ini dari Cina. Mungkin karena buah naga selalu hadir dalam setiap ritual / upacara adat di Cina. Padahal, buah naga aslinya berasal dari Amerika Latin yang menyebar ke Israel, Australia, lalu Cina, dan negara Asia Timur lainnya, seperti Srilanka, dan akhirnya Asia Tenggara.

Beberapa jenis tumbuhan kaktus yang menghasilkan buah naga:
  1. Hylocereus undatus, yang warna buahnya merah dengan daging buah putih.
  2. Hylocereus polyrhizus, yang warna buahnya merah muda dengan daging buah merah.
  3. Selenicereus megalanthus, dengan warna kulit buah kuning dan warna daging buah putih.
  4. Hylocereus costaricensis, buah naga dengan buah yang sangat ber warna merah.
MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN

Kandungan dan Manfaat Buah Naga
Dalam 100 grm buah naga, memiliki kandungan kalori 60 kkal, protein 0, 53 grm, karbohidrat 11,5 grm, serat 0,71 grm, fosfor 87 mg, kalsium 134,5 mg, zat besi 0,65 mg, vit C 9,4 mg, dan mengandung airnya sebanyak hingga 90%.

Sumber Vitamin C
Buah naga kaya vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga yang dikeringkan mengandung 10 kali lebih banyak vit C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber Vitamin B1 (tiamin)
Vitamin B1 atau tiamin dalam buah naga. berfungsi untuk memproses karbohidrat dgn cepat dan menghasilkan energi untuk tubuh.

Sumber Vitamin B3 (niacin)
Buah naga ampuh untuk menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin B3 (niasin) didalamnya. Vitamin ini mampu membuat kulit halus dan bercahaya dengan alami dari dalam.

Sumber Vitamin B12
Vitamin B12 membuat buah ini menjadi peningkat nafsu makan yang baik. Terutama untuk orang yang sedang pada masa penyembuhan, buah naga dianjurkan untuk dikonsumsi.

Kaya Serat
Buah naga yang mengandung serat, sehingga berkhasiat mengatasi beberapa masalah pencernaan.

Kaya Mineral
Mineral yang terkandung pada buah naga adalah fosfor & kalsium. Keduanya memiliki peran pada pembentukan tulang, gigi & perkembangan sel.

Kandungan Antioksidan
Buah naga sebagai sumber antioksidan yang baik dalam mencegah dari serangan radikal bebas yg menyebabkan kanker & masalah kesehatan lainnya.

Kandungan Protein
Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk hormon, enzim & senyawa lainnya. Jagalah kadar protein di dalam tubuh dengan mengonsumsi buah naga secara teratur.

Rendah lemak
Terdapat biji-biji kecil di dalam buah naga. Rupanya, biji ini adalah lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan karena dapat menurunkan kolesterol yang baik dan menghilangkan kolesterol jahat.

Mengontrol gula darah
Untuk penderita diabetes tipe 2, buah ini baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar gula darah supaya seimbang.

Menurunkan tekanan darah
Konsumsi buah naga mengembalikan tingkat hipertensi menjadi normal. baik untuk orang yang berisiko untuk terkena serangan jantung dan stroke.

Menetralkan racun
Racun di dalam tubuh seperti arsen, merkuri dan lain-lain, membahayakan kesehatan Anda. Namun, semua racun tersebut dinetralkan dengan mengonsumsi buah naga.

Kesehatan mata
Buah naga mempunyai kandungan karoten yang menjaga kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan Anda. Inilah kabar baik jika anda yang tak menyukai makan wortel.

Menurunkan berat badan
Sedang diet? Cobalahdaftarkan buah naga sebagai menu camilan sehari-hari Anda. Selama beberapa bulan, akan melihat badan Anda menjadi ramping dan idel. Mengkonsumsi buah naga dianjurkan dalam proses menurunkan berat badan.

Mengobati asma
Batuk & asma, beberapa gangguan pernapasan yang paling sering menyerang anak-anak. Ringankan gejalanya dengan rutin dan rajin mengonsumsi buah naga.
Baca Juga:

Khasiat dan Manfaat Buah Naga Merah dan Putih Bagi Kesehatan
  1. Menghambat Penuaan Dini
  2. Mencegah Kanker
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Nafsu Makan
  5. Menurunkan Kadar Kolesterol
  6. Memperkuat Tulang dan Gigi
  7. Mencegah Diabetes Melitus
  8. Merawat Kesehatan Mata
  9. Merawat Jantung Agar tetap sehat
  10. Merawat Kesehatan Kulit
Nah, itulah kandungan buah naga dan  beberapa khasiat dan manfaat buah naga bagi kesehatan. Sedikit tips untuk membeli buah naga untuk Anda konsumsi, pilihlah buah naga benar-benar matang. Cirinya bila ditekan buah akan terasa empuk dan pilih yang berwarna pink dan kulit buahnya yang masih mulus.

Penelusuran yang terkait dengan manfaat buah naga bagi kesehatan:

  • Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh
  • Manfaat buah naga merah dan putih
  • Khasiat dan manfaat buah naga
  • Berita buah naga
  • Kasiat buah naga putih
  • Khasiat kulit buah naga
  • Manfaat buah naga merah untuk kesehatan
  • Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Tinggalkan Komentar: