Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan - Buah durian adalah buah asli wilayah Asia Tenggara, termasuk Negara kita Indonesia. Kita semua tentunya tidak asing lagi dengan Durian. Dibalik keunikan buah durian, terkandung manfaat kesehatan didalamnya.
Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan
Gambar Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
Gambar Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
Durian adalah buah unik dan kontroversial, mulai dari kulit, tekstur buah, hingga aroma. Banyak orang menyukai buah ini, namun tidak sedikit yang menghindarinya akibat aromanya yang bagi sebagian lainya bisa membuat mual. Bagi penggemarnya, daging buah ini tebal dan lembut. Rasanya juga manis dan lezat. Tetapi terlepas dari kontroversinya, buah durian menawarkan manfaat-manfaat kesehatan bagi tubuh:
1. Mencegah dan mengatasi sembelit
Durian kaya serat, nutrisi yang menyerap air dan memperlancar makanan menuju ke sistem pencernaan yang membantu kelancaran buang air besar dengan teratur. Dan, serat yang terkandung di buah durian juga bisa menambah massa ukuran dari tinja sehingga efektif dalam mencegah serta mengatasi sembelit.

2. Membantu mencegah anemia
Anemia ( sel darah merah di bawah normal) tak selalu disebabkan kurangnya zat besi di dalam tubuh. Kekurangan folat juga menyebabkan anemia disebut anemia pernisiosa. Folat disebut vitamin B9, diperlukan dalam memproduksi sel darah merah. Serta Buah durian adalah salah satu sumber vit B9.

3. Meningkatkan kesehatan kulit
Buah durian mengandung vit C yang tinggi. Vitamin C adalah faktor penting membuat kolagen, protein yang ditemukan dalam pembuluh darah, tendon, tulang, ligamen, dan kulit. Vit C berperan dalam penyembuhan luka serta menjaga kesehatan kulit.

4. Menjaga kesehatan tulan
Durian kaya kalium. Ketika berbicara kesehatan tulang, kebanyakan orang fokus pada kalsium. Namun, kalium merupakan nutrisi penting untuk tulang, sehingga memakan dan mengonsumsi buah durian memberikan manfaat bagi kesehatan tulang Anda.

5. Mengatur kadar gula darah
Buah durian membantu mengatur kadar gula darah karna kandungan mangan.

6. Membantu menjaga fungsi tiroid
Durian adalah sumber baik dari tembaga. Saat berbicara mengenao kelenjar tiroid, yodium mungkin nutrisi yang sering dikaitkan dengannya. Tetapi, zat tembaga berperan di dalam metabolisme tiroid, terutama dalam produksi serta penyerapan hormon. Kelenjar tiroid memiliki fungsi mengatur sensitivitas tubuh pada hormon yang lain, protein, dan mengatur dalam membakar energi. Memakan buah durian bermanfaat dalam menjaga fungsi dari kelenjar tiroid.

7. Mendorong nafsu makan
Buah durian kaya dengan tiamin, vit B yang berperan mendorong nafsu makan dan membantu memproduksi asam klorida pada perut untuk membantu dalam pencernaan makanan.

8. Membantu meredakan migrain
Apakah sering mengalami migrain? Mengkonsusi buah durian membantu meringankan sakit akibat migrain. Riboflavin adalah vit B terkandung di durian, yang bisa membantu meringankan sakit kepala karna migrain.

9. Membantu mencegah Depresi
Durian memiliki kandungan vit B6. Kurangnya vitamin B6 menyebabkan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa pasien mengalami depresi cenderung mempunyai vit B6 yang rendah. Vitamin B6 adalah nutrisi penting dalam memproduksi serotonin dan zat kimia neorotransmitter dalam mempengaruhi suasana hati.

10. Berperan dalam pembentukan Gigi dan tulang
Fosfor adalah nutrisi yang terkandung di buah durian. Walau kalsium adalah nutrisi terkenal untuk kesehatan tulang, kalsium tak dapat melakukan proses dalam pembentukan tulang dan pembentukan gigi tanpa fosfor.

11. Mencegah depresi
Sebuah survey terbaru dilakukan oleh MIND, menunjukkan masyarakat yang mengalami depresi, akan memperoleh kondisi yang baik setelah mengkonsumsi durian. Hal ini dikarnakan durian mengandung tryptophan, asam amino yang bisa merubah tubuh menjadi serotonin, membuat badan lebih rilek, meningkatkan rasa mood, dan membuat perasaan gembira.

12. PMS (premenstrual syndrome)
Vit B6 yang terkandung di durian meregulasi kadar gula darah yang meningkatkan mood.

13. Mencegah Anemia (kurang darah)
Kadar besi yang tinggi, durian merangsang produksi haemoglobin di darah sehingga membantu mengobati penderita anemia.

14. Menekan tekanan darah
Durian memiliki kalium sangat tinggi dengan kadar garam rendah, membuat durian sempurna dalam menekan tekanan darah.

15. Mabuk perjalanan dan kelelahan
Cara tercepat menangani hangover adalah membuat durian milkshake dan mencampurkannya dengan madu. Durian akan segera menenangkan perut, madu pun akan menaikan kadar gula, sementara susu merehidrasi sistem tubuh.

16. Meredakan nyeri lambung
Durian mempunyai efek antacid alamiah, apabila mengalami nyeri perut cobalah makan durian untuk menghilangkan rasa nyeri dan meredakannya.

17. Menghindari mual (Morning Sickness)
Mengkonsumsi durian membantu menjaga kadar gula darah serta menghindari morning sickness.

18. Mengurangi gatal karna gigitan nyamuk
Sebelum memakai krim gigitan nyamuk, coba gosok kulit yang digigit oleh nyamuk menggunakan bagian dalam kulit durian. Orang-orang akan mendapati cara yang luar biasa untuk mengurangi rasa gatal dari gigitan nyamuk.

19. Memperbaiki system syaraf
Buah ini mengandung vit B yang super tinggi yang bisa membantu memperbaiki system pada syaraf.

20. Mengontrol diet Untuk orang gemu
Studi di Austria menunjukkan tekanan pekerjaan membuat orang-orang banyak ngemil. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menghindari ngemil akibat stress, perlu menkonsumsi makanan berkadar karbohidrat yang tinggi setiap 2 jam untuk kestabilan tubuh yang terjaga. Durian adalah buah yang kadar karbohidratnya sampai 20% - 39%.
Gambar Buah Durian

Inilah beberapa Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan. Memakannya dengan secukupnya dan tidak berlebihan dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Namun bagi yang mempunyai masalah kesehatan seperti penyakit asam urat, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsinya. 

Tinggalkan Komentar: